PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Danlanal Tegal Pimpin Upacara Hari Jadi TNI AL Ke-72 Tahun 2017 Di Mako Lanal Tegal

Danlanal Tegal Pimpin Upacara Hari Jadi TNI AL Ke-72 Tahun 2017 Di Mako Lanal Tegal

Written By portal komando on 11 Sep 2017 | 12:40 PM

Lantamal V (11/9),--- Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tegal Lantamal V Letkol Marinir SB Manurung memimpin upacara dalam rangka memperingati hari jadi TNI AL ke-72 tahun 2017 di Mako Lanal Tegal yang dihadiri oleh seluruh prajurit dan pegawai aparatur sipil Negara (ASN) serta perwira staf Lanal Tegal di lapangan apel Mako Lanal Tegal jl.Proklamasi no.1 kota Tegal. Bertindak sebagai selaku perwira upacara Pasintel Lanal Tegal Lettu Laut (T) JudiWani serta Komandan upacara Dansatma lanal Tegal Letda Laut (T) Dwi Atmojo, Senin (11/9).

Peringatan upacara ini juga di hadiri oleh pengurus Jalasenastri Korcab V cabang 7 DJAT,para Persatuan purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) di wilayah kerja Mako Lanal Tegal. Pasukan upacara terdiri dari 1 SST Bintara tinggi Lanal Tegal,2 SST Bintara Lanal Tegal,1 SST Tamtama,1 SSR ASN Lanal Tegal,1 SSR Pengurus Jalasenastri LANAL TEGAL.

Dalam amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi,SE.,M.A.P. yang dibacakan oleh inspektur upacara menyampaikan mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa ta’ala, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita dapat bersama-sama memperingati hari jadi TNI Angkatan Laut ke-72 tahun 2017, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Pada hakekatnya, upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yang harus kita pahami bersama, yaitu: Pertama makna keimanan dan ketakwaan, sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada tuhan yang maha esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-nya, selama 72 tahun masa pengabdian TNI Angkatan Laut.

Kedua, makna historis, sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan tni angkatan laut dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara. Sedangkan ketiga, makna evaluatif, sebagai momentum introspeksi dan evaluasi diri, tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu, guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.

Sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara, yang sadar akan jati dirinya sebagai tentara nasional yang terlahir dari rakyat, TNI Angkatan Laut senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat, berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalannya pembangunan nasional. Karena itu sangat tepat, pada peringatan hari jadi tahun ini tema yang diambil adalah “bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando