KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » DISKUSI PANEL BIDANG KAMLA : PENYELUNDUPAN NARKOTIKA MERAJALELA

DISKUSI PANEL BIDANG KAMLA : PENYELUNDUPAN NARKOTIKA MERAJALELA

Written By portal komando on 12 Sep 2017 | 3:13 PM

Seskoal,- Penyalahgunaan narkotika di Indonesia yang terjadi saat ini sudah sangat menghawatirkan, sehingga pemerintah menetapkan Indonesia dalam posisi darurat narkoba. 
 
Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang sangat pesat di seluruh dunia khusus Indonesia sebagai Negara berkembang. Modus penyelundupan melalui pesawat udara sudah banyak terungkap akan tetapi penyelundupan yang terjadi di dan atau lewat laut yurisdiksi nasional Indonesia masih sangat jarang terungkap , kalaupun ada terjadinya di perairan teritorial Indonesia. 
 
Hal tersebut disampaikan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahya, S.E, M.M dalam sambutan tertulis yang dibacakan Direktur Pendidikan Seskoal Kolonel Laut (P) Eko Wahyono, S.E. pada acara Diskusi Panel Bidang Keamanan Laut (Kamla) di Amphi Teatger Pusat Olah Yudha (Pusoyu) Gedung O.B. Syaaf, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan Selasa (12/09).

Diskusi Panel Bidang Kamla yang diikuti 130 Perwira Siswa Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan ke-55 TP 2017, dan dihadiri para Pejabat Utama Seskoal serta Patun dan Dosen Seskoal mengangkat tema “Peran TNI AL dalam penanganan penyelundupan narkotika dan atau lewat laut pada perairan yurisdiksi nasional Indonesia”. “Penyelundupan narkotika di dan atau lewat laut yurisdiksi nasional Indonesia sangat sulit dibuktikan, oleh sebab itu pemerintah Indonesia perlu membuat aturan tentang penindakan dan memberikan kewenangan kepada aparat yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan laut seperti yang dimiliki TNI AL”, Ujar Danseskoal.

Diskusi menghadirkan tiga orang panelis yakni Paban 1 Ren Spamal Kolonel Laut (T) Syamsul Bachri, M. Sc tentang Peran TNI AL dalam penanganan penyelundupan narkotika di dan atau lewat laut pada perairan yuridiksi nasional Indonesia dilihat dalam aspek Intelijen. Kasubdis Stratikops Disopslatal Letkol Laut (P) Salim, S.E. tentang Bagaimana pengembangan peran TNI AL dalam membantu Penanganan tindak pidana penyelundupan narkotika di dan atau lewat laut yurisdiksi nasional Indonesia yang dilakukan dengan terorganisasi serta melibatkan warga Negara asing. Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Opsla Bakamla Kolonel laut (P) Patkuryanto tentang Bagaimana Sinergias komponen kekuatan laut lain yang memiliki kewenangan penegakkan hukum dilaut dalam penanganan tindak pinada penyelundupan narkotika di dan atau lewat laut yurisdiksi nasional Indonesia dan dengan moderator Mayor Laut (P) Krido Satrio U., S.E. Usai penyampaian materi dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dan diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Koordos Seskoal Kolonel Laut (S) Hardiko, S. Sos., M.M. mewakili Komandan Seskoal kepada ketiga panelis.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando