PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Dua Pesawat C-130 TNI AU Tiba di Chittagong Bangladesh

Dua Pesawat C-130 TNI AU Tiba di Chittagong Bangladesh

Written By portal komando on 15 Sep 2017 | 3:02 PM

PK,.Banda Aceh, 15/9., Dua Pesawat C-130 Hercules TNI AU Tiba di Bandara Shah Amanat Chittagong, Bangladesh, dalam misi kemanusiaan Civic Mission Indonesia untuk para pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh, Kamis malam (14/9). Kedua pesawat Hercules itu membawa barang sebanyak 17 ton untuk kebutuhan para pengungsi Rohingya yang ada di Cox’s Bazar perbatasan Bangladesh.

Pesawat C-130 dengan nomor A-1316 membawa sebanyak 7 ton barang berupa tenda dan selimut, sedangkan C-130 dengan nomor A-1319 membawa sebanyak 10 ton barang berupa beras, gula, dan makanan siap saji.

Kedatangan dua pesawat TNI AU yang dipimpin Dansatgas Civic Mission Indonesia Marsma TNI Nanang Santoso disambut Duta Besar RI untuk Bangladesh Ibu Rina P. Soemarno, S.Psi, Msi., didampingi Athan Kolonel Inf. Putut H, serta pejabat pemerintah setempat.

Penyerahan barang bantuan diserahkan oleh Direktur Tanggap Darurat BNPB Jungjungan kepada Dubes RI Rina P. Soemarno, S. Psi, Msi, dan selanjutnya diserahkan kepada pejabat pemerintah setempat untuk disalurkan kepada para pengungsi Rohingya yang diawasi oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan UNHCR.

Selain dua pesawat Hercules yang telah tiba di Chittagong, masih ada dua pesawat Hercules di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh yang masih menunggu clearence dari pejabat Bangladesh. Kedua pesawat tersebut juga membawa 17 ton bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan para pengungsi di Cox’s Bazar Bangladesh, berupa tenda pengungsi, beras, selimut, family kit, gula, sembako, dan flexibel tank.

Menurut Dubes RI Rina P. Soemarno, S. Psi, Msi, bantuan dari pemerintah Indonesia sudah ditunggu oleh pemerintah Bangladesh dan para pengungsi di Cox’s Bazar. Bantuan tersebut akan didistribusikan Pemerintah Bangladesh dibantu oleh organisasi intenasional dan mengurus pengungsi sehari-hari, ujarnya. Dansatgas Civic Mission Marsma TNI Nanang Santoso mengatakan, setelah melalui beberapa proses dan upaya yang serius dan koordinasi yang baik, bantuan kemanusiaan Pemerintah dan Rakyat Indonesia untuk saudara-saudara kita yang ada di perbatasan Bangladesh bisa sampai dengan selamat di Bandara Chittagong. “ini merupakan tahap pertama untuk pengiriman bantuan kemanusiaan, masih ada tahap berikutnya, saat ini dua pesawat yang siap diberangkatkan kapan saja sedang berada di Lanud Sultan Iskandar Muda”, ujarnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando