PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Ini Salah Cara Lantamal V Tingkatkan Kondisi Fisik Prima Prajurit, Tolok Ukur Keberhasilah Tugas

Ini Salah Cara Lantamal V Tingkatkan Kondisi Fisik Prima Prajurit, Tolok Ukur Keberhasilah Tugas

Written By portal komando on 5 Sep 2017 | 1:22 PM

Lantamal V (5/9),--- Tes kesamaptaan jasmani menjadi salah satu cara Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) untuk mengontrol dan meningkatkan kondisi fisik prima prajuritnya, sekaligus sebagai tolak ukur keberhasilan melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pengawal dan garda terdepan bangsa. Hal tersebut diungkapkan Wakil Komandan Lantamal V Kolonel marinir Nana Rukmana, S. E saat meninjau pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani yang digelar Subdis Jasrek, Disminpers Lantamal V di Lapangan Yos Sudarso, Mako Lantamal V, Selasa (5/9). 

Menurut Nana -sapaan akrab Wadan Lantamal V- kemampuan dan kondisi fisik para prajurit harus selalu terjaga, untuk itu perlu upaya kesadaran pribadi prajurit yangbditopang dengan fasikutas kedinadan yang mendukung itu, tujuannya adalah untuk kelancaran tugas pokok prajurit TNI dalam berbagai bidang penugasan. 

Tes Garjas kali ini, merupakan tes kesegaran jasmani periodik II tahun 2017. Trs kali ini diikuti oleh perwira menegah, perwira pertama dan bintara Mako Lantamal V, untuk strata tamtam dan PNS Mako akan digelar Jumat mendatang. 

Sebelum melaksanakan kegiatan Garjas, terlebih dahulu melaksanakan tes kesehatan untuk mengukur tensi dan denyut nadi oleh tim Kesehatan Rumkital dr. Oepomo Lantamal V serta prosedur lainnya yang sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan jasmani yang di keluarkan oleh TNI AL. 

Pelaksanaan tes kesegaran jasmani diawasi oleh Tim Garjas Disminpers Lantamal V Surabaya yang meliputi test kesegaran "A" yaitu lari selama 12 menit dan test kesegaran "B" yaitu: pull up, sit up, push up dan shuttle run, serta renang militer dasar dengan jarak 50 meter. 

Sementara itu Asisten Personel Lantamal V Surabaya Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.AP., menyampaikan bahwa kegiatan tes kesegaran jasmani periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI AL khususnya Prajurit Lantamal V Surabaya, kemampuan jasmani yang baik mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit, karena hal ini merupakan tolak ukur dalam melaksanakan tugas dan kegiatan ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan seluruh prajurit Lantamal V guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AL. 

"Oleh karena itu setiap saat ada kesempatan agar seluruh prajurit bisa manfaatkan waktu yang ada dan laksanakan pembinaan fisik tersebut sesuai program secara teratur, kepada Prajurit yang akan melaksanakan tes Garjas Periodik ini agar dalam pelaksanaan dilaksanakan dengan serius dan sunguh-sunguh dan berhati-hati, selain itu kesegaran jasmani ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan Garjas seorang Prajurit secara berkala," terang Aspers Danlantamal V. 

Tes garjas mempunyai konsekuensi tinggi terhadap upaya prajurit untuk meraih suatu keinginan, dengan pengertian jika menginginkan suatu target nilai yang bagus maka berlatihlah dan jangan mengandalkan seseorang untuk menolongnya, tetapi kemampuan diri sendiri yang diukur, sehingga apabila mencapai target nilai kelulusan akan merasa bangga dengan hasil usaha sendiri. 

Tes garjas dilaksanakan secara transparan dan sesuai hasil di lapangan, sehingga setiap prajurit harus secara maksimal mengeluarkan tenaga dan kemampuan untuk mencapai nilai yang memenuhi kriteria menurut kategori umur. 

Ia pun berharapkan melalui tes kesegaran jasmani periodik ini, dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap enam bulan sekali dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin banyak sehingga dituntut prajurit yang profesional dan memiliki fisik yang tetap prima, oleh karena itu dibutuhkan pembinaan fisik secara rutin, Apabila jasmani prajurit meningkat harus dipertahankan akan tetapi apabila jasmani prajurit menurun perlu diadakan pembinaan fisik secara ekstra disatuan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando