KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Karbol AAU Ikuti Latihan Wanatirta 2017 Untuk Mengambil Brevet Sea And Jungle Survival.

Karbol AAU Ikuti Latihan Wanatirta 2017 Untuk Mengambil Brevet Sea And Jungle Survival.

Written By portal komando on 13 Sep 2017 | 7:34 PM

PK,.Yogya Barat. Sebagai Karbol (Taruna) AAU tingkat III wajib mengikuti latihan bertahan hidup di darat maupun di Laut (Wana dan Tirta). Kewajiban ini merupakan uji latih kemampuan dasar sebagai seorang prajurit Militer, terlebih sebagai seorang calon Perwira. Bagaimana dalam keadaan darurat tetap bisa dan mampu bertahan hidup, baik sebagai seorang prajurit maupun sebagai seorang pimpinan.

Para Karbol atau Taruna ini sebagian nantinya, merupakan calon yang mengawaki pesawat. Sehingga wajib mengikuti latihan tersebut. Sedangkan sebagian lainya akan menjadi para pemimpin dari berbagai bidang di Mantra TNI AU.

Seperti yang di jelaskan Kolonel Pnb Wibowo Cahyono, selaku Penanggung jawab latihan.
"Dalam situasi darurat, seperti dalam suasana pertempuran dimana pesawat yang diawakinya jatuh di daerah konflik atau perang, maka sebagai awak pesawat yang masih hidup, harus bisa bertahan. Bertahan ini tidak cukup bermodalkan kemauan saja, namun sangat diperlukan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan tentang SERE yaitu Survival, Evation, Resistance, Escape." Jelas perwira menengah yang sehari hari menjabat sebagai Kandep Matra AAU.

Kendala terbesar dalam SERE adalah, kurangnya kemampuan, pengetahuan dan perlengkapan. Tanpa latihan dalam menyiapkan diri terhadap ketiga hal tersebut, maka hasilnya pun akan serba kekurangan atau tidak maksimal. Karena dalam kondisi exstrim ini harus mampu mengatasi berbagai situasi, serta berusaha untuk dapat kembali menuju pasukan kawan atau di belakang garis pertempuran.

Seperti pada tahap penghindaran (Evasion), pada tahap ini tujuanya menghindari dari musuh bukan lari dari musuh, tetapi menghindar dari musuh bila mana dalam posisi tidak menguntungkan, untuk kemudian mencari saat yang tepat untuk memukul musuh sehingga dapat mengurangi resiko jatuhnya korban dari pihak sendiri.

Sementara itu dalam sesi Survival, menitik beratkan Karbol tk III (Sersan Mayor Dua Taruna) berada di tengah hutan atau di tengah alam air, untuk bertahan hidup dengan diajarkan memanfaatkan alam sekitar, tanpa menimbulkan kerusakan. Namun tetap bisa melakukan komunikasi dengan pihak kawan. Sehingga kawan dapat menerima kode dan memberikan bantuan maupun evakuasi.

Latihan Wanatirta tahun 2017 ini, dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di Obyek Wisata Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Dimulai Rabu sampai dengan Jumat (13 - 15/09/17). Dengan jumlah Taruna 95 dan Taruni 9 orang. Serta 88 personil pendukung, termasuk instruktur dan pengasuh. Serta didukung dengan berbagai macam sarana, seperti perahu karet, pesawat latih dan tembakan senjata senjata serta ledakan TNT dari para pelatih/ instruktur. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando