PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Kasdim 0824 Ajak Siswa-siswi SMAK Santo Paulus Untuk Lebih Giat Belajar Sehingga Menjadi Generasi Bangsa Yang Berkarakter dan Berkualitas

Kasdim 0824 Ajak Siswa-siswi SMAK Santo Paulus Untuk Lebih Giat Belajar Sehingga Menjadi Generasi Bangsa Yang Berkarakter dan Berkualitas

Written By portal komando on 22 Sep 2017 | 3:04 PM



Jember. Sesuai dengan permohonan Kepala Sekolah SMA Katholik Santo Paulus yang terletak di Jl Trunojoyo 22C Jember terkait pemberian wawasan kebangsaan dan pemberian materi lapangan baris berbaris sebagai pembekalan tambahan siswa-siswi baru yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya bekerja sama dengan Kodim 0824 Jember, yang mengambil tema Saresehan Membangun Kesadaran dan Semangat Bela Negara.

Pada Jum’at 22/09/2017 Pukul 08.00 Wib bertempat diaula SMAK Santo Paulus Jember Kepala Staf Kodim 0824 (Kasdim 0824) Mayor Inf Robertus Ardha mewakili Komandan Kodim 0824 Jember yang sedang dinas luar ke Kodam V/Brw memberikan materi wawasan kebangsaan kepada 819 orang siswa-siswi baru SMAK Santo Paulus Jember.

Pada kesempatan tersebut Mayor Inf Robertus Ardha memaparkan kondisi yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini dan pada masa mendatang, berbagai krisis yang dipicu oleh adanya krisis energy tentunya akan mengancam keberlangsungan kehidupan Bangsa Indonesia yang berada di garis equator dan memiliki kesuburan tanah serta kekayaan sumberdaya alamnya.

Upaya penguasaan terhadap kekayaan alam Indonesia tersebut tentunya sudah dialami oleh Indonesia melalui berbagai pola yang dapat kita golongkan pada adanya perang proxy (Proxi war) yaitu perang yang tidak jelas siapa kawan siapa lawan.

Bentuk invasi yang dilakukan tidak menggunakan kekuatan militer tetapi dengan menyerang sosial budaya masyarakat dengan berbagai isu-isu sehingga kita akan saling bermusuhan, saling membenci baik sesama masyarakat maupun masyarakat dengan pemerintah dan lain-lain, dengan menggunakan pihak ketiga yang dikendalikan oleh suatau kekuatan Negara tertentu yang lambat laun akan melemahkan pertahanan Negara kita, ini yang harus disadari oleh pelajar dan generasi muda.

Lebih lanjut dikatakan oleh Mayor Inf Robertus Ardha bahwa kita adalah keturunan bangsa ksatria yang merdeka karena perjuangan para pahlawan dengan jiwa ksatrianya, sebagai pewaris kemerdekaan kita harus selalu menjaga 4 konsesus dasar Negara kita yaitu Pancasila sebegai dasar Negara, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI inilah yang harus kita jaga bersama.

Mengapa ini saya sampaikan, karena adik-adik merupakan kader-kader bangsa, adik-adik merupakan generasi penerus bangsa, untuk itu saya sangat berharap kepada adik-adik sekalian untuk lebih giat belajar, seraplah ilmu pengetahuan dan wawasan sebanyak mungkin sebagai bekal nantinya sehingg mampu menjadi generasi bangsa yang berkarakter dan berkualitas, karena dipundak kalianlah nantinya kelangsungan Bangsa Indonesia ini.

Selanjutnya sesuai permintaan Kepala Sekolah dilanjutkan dengan pemutaran film G30S/PKI guna memantapkan pemahaman sejarah kepada siswa-siswi dimana pelajaran sejarah disekolah sekarang memang sangat minim sekali.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto dalam konfirmasinya menyampaikan permohonan maaf tidak dapat hadir sendiri karena sedang melaksanakan dinas ke Kodam V/Brw Surabaya.

Letkol Inf Rudianto juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan keluarga besar SMAK St Paulus atas kerja samanya dalam pembekalan siswa-siswi baru pada setiap tahunnya yang mempercayakan kepada Kodim 0824. (sis24)

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando