PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » KECINTAAN PADA INDONESIA JADI BEKAL MAHASISWA BARU UNIVERSITAS KANJURUHAN

KECINTAAN PADA INDONESIA JADI BEKAL MAHASISWA BARU UNIVERSITAS KANJURUHAN

Written By portal komando on 12 Sep 2017 | 1:20 PM


Menumbuhkembangkan karakter ke-Indonesiaan bagi generasi muda menjadi materi wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Korem 083/BDJ di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Kanjuruhan Kota Malang, 11/9/17.

Perkembangan kondisi global yang semakin dinamis saat ini kiranya perlu disikapi dengan bijak agar keutuhan bangsa dan negara Indonesia tidak luntur seiring perkembangan peradaban manusia. Kemajuan budaya yang ditandai peran teknologi informasi dalam sendi kehidupan memang membantu dari sisi kecepatan dan akurasinya dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Namun demikian dampak negatif dari perilaku manusia itu sendiri yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk kepentingan pribadi atau kelompok juga perlu diantisipasi. Inilah garis besar yang dipaparkan oleh Mayor Inf. Yunus dari staf Teritorial Makorem 083/BDJ pada program pengenalan pendidikan tinggi di Universitas Kanjuruhan.

Sebanyak 1760 mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi Kota Malang tersebut hari ini mendapatkan kesempatan untuk menerima materi wawasan kebangsaan dari Korem 083/BDJ.

Topik wasbang yang disampaikan diawali dengan paparan seputar perkembangan situasi dunia dengan mengangkat isu pemanasan global yang melahirkan pemikiran manusia untuk mencari sumber-sumber pangan dikaitkan dengan pertumbuhan populasi manusia yang semakin pesat. “Situasi global yang tengah terjadi saat ini secara pasti akan berpengaruh kepada kondisi diwilayah Indonesia. Hal ini harus kita waspadai agar kedaulatan bangsa kita tidak terseret kepada punahnya ke-Indonesiaan yang telah menjadi ciri adanya bangsa Indonesia”, Mayor Yunus menjelaskan.

Terkait dengan dampak yang ditimbulkan dari pengaruh global tersebut ia menuturkan melalui tayangan slide bahwa generasi muda memiliki tanggungjawab moral untuk menjaga kelangsungan kehidupan bangsa dan negara ini. “Informasi seakan telah menduduki tempat utama dalam kebutuhan hidup manusia seiring perkembangan teknologi. Mahasiswa sebagai generasi penerus hendaknya memiliki sikap selektif dalam memanfaatkan teknologi informasi ini. Kedaulatan bangsa yang telah diperoleh dengan susah payah oleh para pejuang jangan dilunturkan oleh sikap kita sebagai generasi muda yang mudah terombang-ambing dengan informasi yang mengarahkan kepada perpecahan, lanjutnya.

Semangat dari pejuang-pejuang kemerdekaan yang masih hidup dan bangga dengan hasil yang diperoleh berupa kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia saat ini juga disajikan apik dalam paparan yang disampaikan. Tanggapan dari mahasiwa yang mengikuti kegiatan wasbang ini beragam namun semuanya menilai penting sekali memupuk nasionalisme dikalangan generasi muda. Yusman salah satu mahasiswa dari Flores, Nusa Tenggara Barat, mengapresiasi keberadaan para veteran pejuang yang tetap semangat dan bangga terhadap Indonesia. ‘Kita sebagai generasi muda hendaknya bangga dengan Indonesia yang kita miliki. Kita sekarang tidak mengalami apa yang dirasakan oleh para pejuang kemerdekaan. Oleh karena itu kitapun harus semangat dalam memajukan Indonesia agar kita (Indonesia) semakin maju dan mampu bersaing dengan negara-negara lain didunia”, ungkapnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando