PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » KOARMATIM GELAR SHOLAT IDUL ADHA BERSAMA MASYARAKAT KOMPLEKS DBAL

KOARMATIM GELAR SHOLAT IDUL ADHA BERSAMA MASYARAKAT KOMPLEKS DBAL

Written By portal komando on 1 Sep 2017 | 10:22 AM

PK,. Surabaya, 01 September 2017 ,Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1438 H tahun 2017 M, panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur ( KDJAT) Ny. Ina Darwanto, melaksanakan Shalat Idul Adha 1438 H/ 2017 M bersama seluruh keluarga besar prajurit Koarmatim serta masyarakat sekitar Daerah Basis Angkatan Laut (DBAL) , bertempat di Masjid As- Salam Kompleks  Daerah Basis Angkatan Laut (DBAL), Koarmatim, Ujung, Surabaya. Jum'at (01/09/2017).

Pada perayaan Idul Adha tahun ini  Koarmatim melaksanakan pemotongan hewan qurban sebanyak 29 ekor sapi dan 56 ekor kambing,  selanjutnya melalui panitia hari besar islam Provinsi Jawa Timur penyaluran daging qurban akan dibagikan kepada masyarakat Kompleks DBAL dan selebihnya akan disalurkan ke panti asuhan, yayasan sosial,pondok pesantren serta kaum duafa lainnya.

Dalam sambutan Pangarmatim menyampaikan, hari raya idul adha merupakan hari raya istimewa, karena dua ibadah agung dilaksanakan yang jatuh di penghujung tahun Hijriyah yaitu ibadah haji dan ibadah Qurban. Keduannya di sebut dalam Al - Qur'an sebagai salah satu dari syi'ar  - syi'ar Allah S.W.T yang harus dihormati dan diagungkan oleh hamba - hambanya,  bahkan mengagungkan syi'ar - syi'ar Allah merupakan pertanda dan bukti akan ketaqwaan seseorang. Diketahui bersama bahwa ibadah qurban merupakan ibadah yang dapat membentuk kesalehan seseorang sebagai perwujudan dari rasa keimanan kepada Allah S.W.T dan rasa persaudaraan antar sesama muslim yang diaktualisasikan dengan menyembelih hewan qurban.

Lebih lanjut, ibadah qurban artinya menyembelih hewan sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah S.W.T , dikatakan dalam surat Al - Kautsar " sesungguhnya kami memberimu nikmat yang banyak maka dirikanlah  sholat dan berqurban maka sesungguhnya orang yang membencimu dialah yang terputus" , disebutkan juga dalam surat Ibrahim ayat 7 yang artinya " jika kamu bersyukur akan aku tambah nikmatku kepadamu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksaku amat pedih". Oleh karena itu ibadah qurban hendaknya dilakukan dengan Tulus ikhlas karena Allah Ta'ala semata.

Diakhir sambutannya Pangarmatim berharap, dengan menghayati keseluruhan makna dan hikmah dari ibadah qurban, maka dapat menumbuhkan semangat dalam diri kita untuk sanggup menyingkirkan sifat kikir serta dapat menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama. Semangat itu pula kiranya akan dapat kita wujudkan untuk menyongsong hari depan yang lebih baik dalam menyiapkan kehidupan akhirat kelak.

Dalam tausiyah idul adha pagi ini yang disampaikan oleh Al Mukarom Bapak Drs. H. Muhammad Nasir, M.si dari Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur yang mengangkat tema "keteladanan Nabi Ibrahim AS" menyampaikan, bahwa kita sebagai umat manusia harus dapat melaksanakan perintah Allah SWT dengan baik dan ikhlas karena pada akhirnya kita akan mendapatkan  ketenangan dalam hidup di dunia serta di akhirat kelak. Ada dua keteladanan Nabi Ibrahim AS yang harus kita ikuti yaitu melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu melaksanakan agar menjadi haji yang mabrur dan melaksanakan sholat idul adha serta berqurban.

Turut hadir dalam perayaan Idul adha pagi ini, Kasarmatim Laksma TNI I.N.G.Ariawan, S.E., M.M., beserta istri, Komandan Guspurlaarmatim Laksma TNI Rachmat Jayadi, M.Tr (Han)  beserta Istri, Komandan Guskamlaarmatim Laksma TNI I.N.G.Sudihartawan,S.Pi, beserta Istri, para Pejabat Utama Pangarmatim beserta istri, para Kasatker Pangarmatim beserta istri, Ibu - Ibu Jalasenastri, seluruh prajurit Koarmatim serta masyarakat sekitar DBAL.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando