Home » » Koarmatim Sosialisasikan Pengelolaan Simak BMN Tahun 2017

Koarmatim Sosialisasikan Pengelolaan Simak BMN Tahun 2017

Written By portal komando on 27 Sep 2017 | 6:23 PM


PK,.Surabaya,27 September 2017 ,.Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Sosialisasikan pengelolaan Simak BMN yang scara resmi di buka oleh Asisten Logistik (Aslog) Pangarmatim Kolonel Laut (T) Teguh Sugiono.,S.E., mewakili Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., bertempat di Pusat Latihan Kapal Perang Kolatarmatim (Puslat Kaprang) Kolatarmatim, Ujung Surabaya. Rabu, (27/09/2017). 

Simak BMN 2017 mengambil tema "Melalui sosialisasi Simak BMN dilingkungan Mako Koarmatim kita tingkatkan Profesionalisne Pengelolaan BMN guna mendukung tercapainya opini wajar tanpa pengecualian." Sosialisasi BMN ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Aslog Pangarmatim. 

Pangarmatim dalam amanatnya yang dibacakan Kolonel Teguh menyampaikan Sistem Akutansi (SAI) yang terdiri dari Sistem Akutansi Keuangan (SAK) dan Sistem informasi Manajemen dan Akutansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN), dimana kedua sistem tersebut mempunyai kontribusi pada pembentukan opini yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. 

BMN merupakan objek penatausahaan semua barang yang dibeli atau di peroleh atas beban APBN atau berasal dari perolehan yang sah,yang berada dalam penguasaan kuasa pengguna barang/pengguna barang dan yang berada dalam pengelolaan barang. 

Penatausahaan BMN meliputi pembukuan,inventarisasi dan pelaporan BMN dalam rangka mendukung terwujudnya tertib pengelolaan BMN adalah menyediakan data dilaksanakan sesuai azaz fungsional, kepastian hukum, transparansi, keterbukaan, efisiensi, akuntanbilitas dan kepastian nilai. 

Siklus pengelolaan BMN sendiri berawal dari perencanaan, pengadaan, distribusi dan pencatatan sampai dengan penghapusan adalah saling terkait agar pengelolaan BMN baik dan benar dengan mengacu pada peraturan-peraturan yang berlaku. 

Selanjutnya usai pembukaan, Paban VI Slogal Kolonel Laut (T) Edi Suhartono.S.E.,M.A.P., dalam sosialisasinya menyampaikan tentang Simak BMN meliputi Penatausahaan dan dasar-dasar peraturan tentang temuan BPK RI tahun 2016, Akutansi pelaporan keuangan Simak BMN dan Rekonsiliasi Simak BMN. 

Hadir pada acara pembukaan sosialisasi Simak BMN diantaranya, para Asisten Pangarmatim, para Kasatker Koarmatim, prajurit pengawak Simak BMN, dan Tim dari Slogal Mabesal.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando