PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Kodam Pattimura Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H

Kodam Pattimura Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H

Written By portal komando on 28 Sep 2017 | 4:24 PM



Ambon, (28/9)- Dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah tahun 2017, Kodam XVI/Pattimura melaksanakan acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah, bertempat di Masjid Idtihad Kodam XVI/Patimura Jln Slamet Riyadi kel Uriteru, kec Sirimau kota Ambon.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Tri Soewandono mewakili Pangdam membuka jalannya acara dengan mengundang Ustad Arsal Tuasikal sebagai penceramah.

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah tahun 2017 mengambil Tema “Melalui Hikmah Tahun Baru Islam1439 H/2017 M Kita Mantapkan Jati Diri TNI Menuju Sikap Mental Yang Lebih Baik Guna Mewujudkan Prajurit Yang Kuat, Hebat, Propesional dan Dicintai Rakyat”.

Sambutan Pangdam yang dibacakan Kasdam mengatakan sebagai insan Allah SWT marilah kita mensyukuri nikmat yang di berikan oleh Allah SWT kepada kita karena kita bisa berkumpul di Masjid yang Mubarak ini dalam keadaan sehat walafiat.

Lebih lanjut dikatakan momentum memperingati 1 Muharam 1439 Hijriah ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahaim dan memperkokoh sikap mental prajurit dan perilaku yang baik dalam mengemban tugas amanah rakyat, dengan dilandasi tekad yang tulus ikhlas dalam mengabadikan diri kepada bangsa dan negara tercinta, semoga kegiatan ini menjadi barokah untuk kita semua.

Dalam kesempatan yang sama Ustad Arsal Tuasikal dalam tausiyahnya mengatakan kita patut bersyukur kepada Allah SWT dan tak lupa kita juga wajib lantunkan salawat dan salam kepada Nabi Allah Muhammad SAW beserta keluarganya.

Hijrah bisa diartikan sebagai pindah atau migrasi. Tafsiran Hijrah disini diartikan sebagai awal perhitungan kalender hijriah, sehingga setiap tanggal 1 Muharam ditetapkan sebagi hari besar Islam. Memang, sejak hijrahnya Rasulullah ke Yatsrib, sebuah kota subur, terletak 400 kilometer dari Makkah, Islam lebih memfokuskan pada pembentukan masyarakat Muslim yang baik dibawah pimpinan Rasulullah. Jadi inti dari peringatan tahun baru Hijriah adalah pada soal perubahan, maka ada baiknya momen pergantian tahun ini kita jadikan sebagai saat- saat untuk merubah diri menjadi lebih baik, itulah hikmah dari peringatan tahun baru Islam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten, Kabalak, Perwira, Bintara dan PNS di jajaran Kodam XVI/Pattimura. (Pendam16)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando