PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Kodim 0703/Cilacap Gelar Rakor Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan

Kodim 0703/Cilacap Gelar Rakor Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan

Written By portal komando on 11 Sep 2017 | 11:27 AM


Cilacap - Komando Distrik Militer (Kodim) 0703/Cilacap menggelar Rapat Koordinasi Bhakti Sosial TNI - KB Kesehatan terpadu tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2017 yang diikuti oleh para Danramil dan juga dihadiri oleh Kepala bidang PP dan PA Kabupaten Cilacap, Kesra Kabupaten Cilacap, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, para UPT KB Kecamatan se Kabupaten Cilacap dan Pos Kesehatan Rumkitban 04-08-01 Cilacap di Aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap, Senin (11/09).

"Rapat ini untuk memberi gambaran kepada tiap unsur terkait tentang rencana penyelenggaraan kegiatan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan Terpadu 2017 di wilayah Kodim 0703/Cilacap dengan tujuan, sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan Terpadu, sehingga dapat mempercepat program Revitalisasi program KB Nasional di wilayah Kodim 0703/Cilacap," ujar Pasiter Kodim 0703/Cilacap, Kapten  Inf Joko Yunanto.

Program Bhakti Sosial TNI  KB Kesehatan terpadu dimaksudkan, untuk mendukung secara nyata akselerasi upaya mencapai sasaran kegiatan KB Kesehatan, pembangunan keluarga kecil bahagia dan sejahtera serta pembangunan kesehatan terutama ditujukan kepada penduduk yang karena keadaan geografis dan terbatasnya sarana dan prasarana, serta kondisi sosial budaya yang sulit ditembus oleh program atau kegiatan konvensional.

Kegiatan Bhakti TNI KB Kesehatan terpadu ini disamping sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masa depan anak bangsa juga bertujuan untuk mendorong dan mengajak masyarakat khususnya para kepala keluarga dalam melaksanakan program KB, hal ini sesuai dengan kebijakan dan strategi yang telah dicanangkan pemerintah yaitu gerakan pembangunan berwawasan kesehatan menuju Indonesia Sehat. 
 
Untuk Pelayanan KB Kesehatan di wilayah Kodim 0703/Cilacap dimulai tanggal 13 September 2017 dan akan berlangsung sampai dengan akhir Oktober 2017, dan dilaksanakan di 24 Kecamatan di Kabupaten Cilacap." Terangnya.

Sementara Kepala bidang KB, PP dan PA Drs.Agus Subagyo, M.Si menjelaskan, Pencanangan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan dalam wilayah Kabupaten Cilacap Tahun 2017 dalam rangka menindaklanjuti Nota Kesepahaman dan perjanjian Kerja Sama antara BKKBN dan TNI tentang Penguatan dan Percepatan Pencapaian Sasaran Program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

"Kegiatan Bhakti TNI  KB Kesehatan pada intinya menjalin kebersamaan antara Unsur TNI, Pemerintah Kabupaten Cilacap, dukungan masyarakat dan pihak terkait dengan tujuan memotivasi masyarakat khususnya para pasangan usia subur untuk ber KB. Meningkatkan capaian cakupan ber KB  Kesehatan bagi akseptor KB dan meningkatkan kesehatan Ibu serta imunisasi." jelasnya.

Dalam menyukseskan KB Kesehatan ini tidak luput dari  pendampingan oleh Babinsa, di harapkan akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengikuti KB.
 
Keberhasilan progam KB tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak mulai dari unsur Pemerintah Daerah (Pemda) hingga tokoh masyarakat termasuk kader keluarga berencana kususnya anggota TNI (Babinsa) yang di lapangan. (Pendim Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando