PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Kodim 0731 Kulon Progo, Laksanakan TMMD Sengkuyung III 2017

Kodim 0731 Kulon Progo, Laksanakan TMMD Sengkuyung III 2017

Written By portal komando on 27 Sep 2017 | 3:46 PM


PK,.Yogya Barat. Bertempat di Lapangan Semirah, Desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, (27/09/17), telah di laksanakan Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0731/Kulonprogo Tahun 2017 dengan Tema " Percepatan Pembangunan Meningkatkan Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Masyarakat". Bertindak sebagai Irup Drs. Sutejo (Wakil Bupati Kulon Progo) dengan Komandan Upacara, Kapten Inf Sukamta (Danramil 05/Kalibawang Kodim 0731) Sedangkan Perwira Upacara di pegang oleh, Kapten Inf Nurudin Pasipers Kodim 0731 / Kulon Progo).

Tampak hadir dalam Kegiatan upacara pembukaan ini antara lain: Letkol Kav Wiratno. SH (Kasi Intel Korem 072/PMK).Letkol Arm Teguh Prihanto, U., SOS. M. M (Dandim 0731/Klp).Mayor Inf Ary Susetyo (Kasdim 0731/Kp).Kompol Darmawan (Kabag ops Polres Kulon Progo).Kapten Lek Budiyanta (Sat Radar 215 / Congot).AKBP Djunaidi Hidayat (Waka Den Brimob Sentolo).Mayor Caj Akbar (Ajendam IV/Dip).Mayor Caj Ahermanto (Kaminved Kulon Progo).AKP Fahrudin (Kapolsek Girimulyo).Seluruh Forkopimda Kab Kulon Progo
Seluruh Danramil Kodim 0731/Klp.Camat Girimulyo dan seluruh Muspika Kecamatan Girimulyo. Kades Pendoworejo serta Tokoh Masyarakat Girimulyo.

Inspektur Upacara, Drs Sutedjo (Wakil Bupati) dalam sambutanya, atas nama pimpinan dijajaran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyampaikan ucapan terimakasih dan dukungan sepenuhnya kepada jajaran TNI Kodim 0731 Kulon Progo dan seluruh panitia penyelenggara serta unsur terkait lainnya, yang telah bersedia menyiapkan kegiatan ini dengan baik dan lancar.

Kegiatan TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2017 merupakan TMMD ke - 100, yang serentak dibuka secara nasional, di masing-masing wilayah kabupaten di Indonesia Kegiatan TMMD ke- 100 tahun 2017 ini bertemakan "Percepatan pembangunan meningkatkan kemandirian pangan dan kesejahteraan masyarakat ""Kami sangat mengapresiasi bahwa TNI mampu bergabung bersama-sama dengan masyarakat melakukan pembangunan di daerah.

Seperti kita ketahui Program TMMD ini merupakan kelanjutan dari program ABRI Masuk Desa yang merupakan program lintas sektoral dan dilaksanakan terpadu antara TNI, kementerian/lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah,bersama masyarakat desa dalam rangka swasta pembangunan dan pemberdayaan percepatan masyarakat, khususnya di desa tertinggal, terpencil dan terisolir, Program TMMD ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di desa sasaran dengan menggunakan bottom up planning system" jelas Wakil Bupati Sutedjo.

Pelaksanaan TMMD sendiri dilakukan secara komprehensif dan intergral karena melibatkan semua unsur terkait mulai dari desa lokasi sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas dan dipadukan dengan pemerintah daerah kemudian dibahas di forum DPRD untuk disahkan menjadi program pembangunan daerah.

Program TMMD sampai saat ini maaih relevan,mengingat kondisi desa di Kulon Progo masih membutuhkan sentuhan pembangunan yang berkesinambungan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pedesaan khususnya. Dalam melaksanakan kegiatan di lapangan, partisipasi dan kerja sama serta gotong royong dari seluruh unsur yang terkait dapat saling bantu membantu dan mendukung untuk kelancaran program ini.

Pelaksanaan TMMD selama 30 hari, mulai dari tanggal 30 september sd 26 Oktober 2017 yang berlokasi di Desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo ini diharapkan dapat berlangsung dengan maksimal dan berjalan sesuai target serta keinginan dan harapan masyarakat. 

Pada pelaksanaan Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III, juga dilakukan, Penandatanganan naskah serah terima program TMMD sengkuyung tahab III tahun 2017 dari Kepala Daerah Kabupaten Kulon Progo kepada Dansatgas TMMD. Serta Penyerahan alat kerja secara simbolis oleh Inspektur Upacara kepada satgas TMMD. Penyerahan tanaman penghijauan berupa bibit pohon Akasia Mauria dan Mahoni

Kegiatan TMMD berupa pembangunan sarana dan prasarana fisik, seperti CoorBlok (514m x 2,5mx 0,10m). Pembangunan Talud (72,5m x 3mx 0,14m). Selain itu, dalam pembangunan non fisik seperti pembinaan/penyuluhan tentang wawasan kebangsaan pertanian, peternakan, pengetahuan kebencanaan pengendalian penduduk, dan kesehatan, bela negara diharapkan juga dapat memberi tambahan wawasan bagi warga dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber anggaran pada pelaksanaan TMMD tahap III ini terdiri dari,APBD Provinsi Rp 75.000.000,-APBD Kabupaten Rp 175.000.000,-Swadaya masyarakat Rp 50.821.000,-Total anggaran Rp 300.821.000,-

Untuk pelaksanaan kegiatan selama 30 hari mulai tanggal 27 September s.d 26 Oktober 2017. Pelaksanaan terdiri dari :(a) Kodim 0731 Kulonprogo : 30 orang(b) Satradar 215 congot : 5 orang (c) Kanminvetcad IV/7 : 2 orang(d) Pos TNI AL : 1 orang (e) Polres Kulon Progo : 15 orang (f) Den B Satbrimob DIY sentolo : 5 orang(g) Tagana : 5 orang (h) Satpol pp : 5 orang (i) Masyarajat di bantu KBT aparat pemerintah, dengan total hampir 50 orang setiap harinya. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando