Home » » Koramil 0824/21 Puger Dukung Pengamanan Petik Laut Bersama Polsek dan Pos Kamla

Koramil 0824/21 Puger Dukung Pengamanan Petik Laut Bersama Polsek dan Pos Kamla

Written By portal komando on 28 Sep 2017 | 3:23 PM



Jember. Pada Kamis 28/09/2017 pukul 07.30 Wib dilaksanakan Karnaval dalam rangka Selamatan Desa Puger Wetan dan Larung Sesaji Petik Laut, oleh sekitar 1000 orang masyarakat Puger Wetan yang sebagian besar bermata pencaharian nelayan.

Sesuai hasil rakor panitia beberapa hari yang lalu petugas keamanan mengerahkan seluruh kekuatan Koramil 0824/21Puger, Polsek Puger dan Pos Keamanan Laut TNI AL serta Satpol PP dengan jumlah keseluruhan sekitar 90 orang yang dikoordinir langsung oleh Danramil 0824/21 Puger Kapten Inf Slamet Efendi.

Kegiatan diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ust Khoirun di Alun-alun Puger kemudian dilakukan larung sesaji dengan melarung perahu jukung yang berisi kepala sapi, tumpeng dan berbagai hasil bumi yang dipimpin oleh Kades Puger Wetan Edy Haryoko S.Ip, sesuai tradisi masyarakat puger dalam rangka memohon keselamatan serta berkah rejeki yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Esa dari hasi laut sebagai mata pencaharian masyarakat Puger pada umumnya.

Usai melaksanakan larung sesaji dilaksanakan karnaval masyarakat dengan berbagai pakaian khas dan pakaian daerah mengelilingi jalan desa di wilayah Puger.

Kepala Desa Puger Wetan Edy Haryoko, S.Ip menegaskan bahwa larung sesaji ini adalah upaya kita menguri-uri adat budaya masyarakat Puger sebagai masyarakat nelayan yang menggantungkan hidupnya di hasil laut, agar diberikan keselamatan dan rejeki yang berlimpah.

Acara yang dilakukan pada setiap tahunnya terseebut selalu dilakukan pada awal Jawa Suro atau Tahun Baru Hijriah sebagai upaya masyarakat Puger dalam melestarikan adat kebiasaannya. Dan hal tersebut biasanya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lain di Kabupaten Jember maupun luar Kabupaten Jember.

Menyikapi kegiatan tersebut Danramil 0824/21 Puger Kapten Inf Slamet Efendi sangat mendukung pelestarian adat masyarakat seperti itu sebagai salah satu aset budaya daerah Jember. Sejak dilaksanakan rakor beberapa waktu yang lalu saya sudah mempersiapkan seluruh angota serta berkoordinasi dengan lintas terkait guna mensukseskan kegiatan tersebut.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi membenarkan serta mendukung apa yang dilakukan oleh Koramil 0824/21 Puger tersebut dan sekaligus saya mohon maaf tidak bisa hadir karena ada dinas luar ke Kodam V/Brw Surabaya.

Adat Budaya adalah bagian dari asset masyarakat, asset daerah dan asset pertahanan yang harus kita lestarikan bersama, dan sudah sewajarnya tugas kewilayahan Koramil harus selalu bersama bersama masyarakat, utamanya pada kegiatan-kegiatan seperti itu. (sis24)











Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando