PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » LANTAMAL IX PERINGATI HARI JADI TNI AL KE 72

LANTAMAL IX PERINGATI HARI JADI TNI AL KE 72

Written By portal komando on 11 Sep 2017 | 11:18 AM



AMBON,.Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, memperingati Hari Jadi TNI AL yang ke 72 tahun 2017 dengan melaksanakan upacara di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IX dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Sopingi dan pemberian tali asih kepada perwakilan Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) yang berada di Kota Ambon. Senin. (11/09/2017).

Amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dibacakan oleh Irup pada upacara menyampaikan bahwa pada hakekatnya upacara peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yang harus kita pahami bersama yaitu, Pertama, makna keimanan dan ketaqwaan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua makna historis sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI Angkatan Laut. Ketiga, makna evaluatif sebagai momentum intropeksi dan evaluasi diri tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu.

Lebih lanjut, sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara yang sadar akan jati dirinya sebagai tentara nasional yang terlahir dari rakyat, TNI Angkatan Laut senantiasa menunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat, berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalannya pembangunan nasional.

Selain itu dikatakan, sejalan dengan visi poros maritim dunia, pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI yang tersebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kebijakan pemerintah ini ditindaklanjuti TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau-pulau terluar dan strategis.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang terjadi, kepada segenap prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas, atas dedikasi dan loyalitas pengabdian yang telah diberikan, dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan dan pencapaian tugas – tugas TNI Angkatan Laut.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada sesepuh dan pinisepuh serta seluruh keluarga besar prajurit TNI Angkatan Laut yang selalu memberikan dukungan motivasi sumbangan pikiran dan doa yang tulus ikhlas, sehingga dapat memberikan kepercayaan diri yang kuat dalam pelaksanaan tugas yang diemban.

Setelah pelaksanaan upacara, dilaksanakan pemberian tali asih pada acara silaturrahmi di Lobi Mako Lantamal IX. Tali asih diberikan Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, S.E., M.Tr (Han) dan diserahkan oleh Wadan Lantamal IX kepada empat orang perwakilan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL). (DISPEN LANTAMAL IX).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando