PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Latihan Survival Taruna AAU resmi diberangkatkan

Latihan Survival Taruna AAU resmi diberangkatkan

Written By portal komando on 13 Sep 2017 | 12:38 PM

Di medan pertempuran yang melibatkan kekuatan udara, pilot dan pesawat serta crew merupakan target utama yang harus dilumpuhkan sehingga seorang pilot harus dibekali kemampuan untuk mampu “Survive” dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Di mana di dalam dunia militer kita mengenal prinsip SERE atau Survival, Evasion, Resistance, dan Escape.

Demikian disampaikan Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko, S.I.P, M. AP dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Fachri Adamy. SE di acara pemberangkatan Latihan Wanatirta Lapangan Dirgantara AAU sesaat sebelum memberangkatkan 104 Taruna AAU menuju Waduk Sermo di Kulonprogo untuk mengikuti Latihan Survival atau Wanatirta, Rabu (13/9).

Latihan dimulai hari ini tanggal 13 September yang direncanakan berakhir pada Jum’at tanggal 15 September 2017 ini diikuti oleh 104 Taruna Tingkat III Werfing 2015. Latihan Wanatirta akan membekali para Taruna dengan berbagai pengetahuan dan kemampuan untuk dapat bertahan hidup apabila menghadapi situasi yang kurang diinginkan. “Pemahaman dan ketrampilan di bidang SERE ini perlu ditanamkan sejak dini, sehingga kelak dalam penugasan yang sesungguhnya, bila dihadapkan dengan situasi yang nyata, kalian akan tetap dapat survive meskipun berada dalam tekanan di daerah musuh”, tegas Gubernur AAU.

Mengingat pentingnya latihan ini Gubernur juga menekankan kepada seluruh peserta dan latihan dan instruktur untuk selalu menjalankan “Standard Operational and Procedure” (SOP), utamakan faktor keselamatan dan keamanan guna menghindari hal-hal yang mungkin dapat menyebabkan incident ataupun accident. Jaga selalu hubungan baik dengan masyarakat sekitar di area latihan dengan mengutamakan sikap santun dan sopan dengan masyarakat sekitar area latihan, pesan Gubernur. 

Upacara pemberangkatan latihan wanatirta diikuti pula oleh para pejabat AAU, Dosen AAU, pelatih dan instruktur, Bintara,Tamtama, PNS serta seluruh Taruna Taruni AAU.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando