Home » » Pencanangan 1 Juta Pohon Aren

Pencanangan 1 Juta Pohon Aren

Written By portal komando on 21 Sep 2017 | 6:18 PM


PK,.PEKALONGAN - Pemkab Pekalongan bekerja sama dengan Kodim 0710 Pekalongan dan Polres Pekalongan serta masyarakat memulai program penanaman Sejuta Pohon Aren.Program sejuta pohon aren ini dimulai di Desa Rojoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Kamis (21/9/2017).

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, mengatakan, pihaknya menargetkan satu juta pohon aren ditanam di Kabupaten Pekalongan. Untuk awal program, ribuan bibit aren ditanam di Desa Rogoselo dan dihadiri oleh Kapolres Pekalongan, Dandim 0710 Pekalongan serta masyarakat.
"Untuk awal di Rogoselo, nantinya akan ditanam di beberapa desa yang kontur tanahnya cocok untuk tumbuhnya pohon aren," kata Asip.

Mengapa memilih pohon aren? Asip mengatakan pohon aren merupakan pohon yang multy fungsi. Selain pohonnya bisa digunakan untuk masyarakat, keberadaan pohon ini juga menjadi cadangan air serta penahan longsor bagi tanah miring.
 
"Sangat multy fungsi. Akarnya jadi obat, air aren jadi gula jawa, buahnya jadi kolang kaling. Daun bisa jadi atap. Kami akan kejar target sejuta pohon aren bisa ditanam di Kabupaten Pekalongan," katanya. Asip berharap program Sejuta Pohon Aren ini bisa dimanfaatkan baik oleh masyarakat. Program ini, kata Asip, juga sebagai upaya mendukung pelestarian hutan dan lingkungan.
 
"Ada pohon yang boros menyerap air, kalau pohon aren ini tidak. Semoga bisa memberikan manfaat lebih untuk masyarakat," katanya.

Sementara itu, Dandim 0710 Pekalongan, Letkol Inf Heri Bambang Wahyudi, mengatakan, pihaknya mendukung penuh program pemerintah khususnya yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan ketahanan pangan.
 
"Kabupaten Pekalongan kontur tanahnya rawan longsor. Selain menjadi cadangan air, pohon aren ini juga bisa mengurangi erupsi tanah," kata Dandim Heri. Tak hanya penanaman pohon aren, Heri mengatakan pihaknya juga sedang mencanangkan sebuah kampung yang fokus menanam satu jenis pohon.

"Dalam waktu dekat, nanti ada namanya kampung alpukad. Mudah mudahan rencana ini dilancarkan," katanya.
Adapun peserta dalam acara tersebut di antaranya  1 Pleton Kodim 0710 Pekalongan,1 Pleton Dalmas Polres Pekalongan,1 Pleton Satkorcab Banser Pekalongan,1 Pleton Menwa, 1 Pleton Satgas PTPN IX Blimbing,1 Pleton Mahasiswa IAIN Pekalongan,1 pleton mahasiswa Stimik Widya Pratama Pekalongan, dan 1 Pleton PKBM Rogoselo dan masyarakat desa rogoselo.**red ( pendim 0710 pekalongan )

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando