PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » PPBN Mahasiswa Baru UIKA Bogor di Lanud Atang Sendjaja Ditutup

PPBN Mahasiswa Baru UIKA Bogor di Lanud Atang Sendjaja Ditutup

Written By portal komando on 11 Sep 2017 | 12:38 PM

Lanud Atang Sendjaja, Sabtu (9/9) Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos yang diwakili oleh Kepala Dinas Oprerasi Lanud Ats, Kolonel Pnb. Muzafar, S.Sos. MM., menutup Pendidikan Pendahuluan Bela Negara dan wawsan kebangsaan mahasiswa baru Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor yang berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 7 sampai dengan 9 September 2017 sebanyak 1350 mahasiswa, pada hari Sabtu (9/9) bertempat di hanggar Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor.

Dalam sambutannya, Danlanud Ats menyampaikan bahwa materu yang diterima selama mengikuti pendidikan pendahuluan bela negara dan wawasan kebangsaan diharapkan dapat menggugah jiwa. “Selama tiga hari para peserta telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan dan telah menerima pembekalan serta pengetahuan tentang bela negara dan wawasan kebangsaan, karena itu saya yakin bahwa berbagai materi yang telah diberikan itu dapat menggugah jiwa dan semangat peserta untuk lebih mencintai dan menghargai indonesia, negeri yang menjadi tanah air kita, tanah tumpah darah kita,”. “Dan dalam keyakinan itu, lanjut Danlanud Ats, saya juga berharap, peserta dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat di lingkungan masing-masing, agar terbentuk jiwa patriotik dan nasionalisme yang positif di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara”.

“Seperti telah saya sampaikan sebelumnya bahwa kesadaran bela negara pada hakikatnya merupakan kesediaan berbhakti dan berkorban demi membela negara, dan itu menjadi kewajiban dari setiap warga negara Indonesia. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan berbagai hal menjadi sangat terbuka, yang sekaligus memberikan peluang masuknya berbagai pengaruh dari luar yang bersifat negatif,” terang Danlanud Ats. Disampaikan juga oleh Danlanud Ats dalam sambutannya bahwa selain itu, perkembangan tersebut memungkinkan semakin berkurangnya rasa cinta terhadap tanah air Indonesia sebagai akibat dari persaingan antar individu maupun kelompok. oleh sebab itu, menanamkan kesada-ran bela negara menjadi sebuah kebutuhan.

“Pendidikan pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan yang diselengga-rakan ini bukanlah sebuah upaya menghidupkan kembali militerisasi di tengah masyarakat, tetapi merupakan kewajiban moral yang dilakukan baik oleh pemerintah, pihak civitas akademika dan secara khusus oleh Lanud Atang Sendjaja untuk menyentuh dan merangsang kembali jiwa dan semangat peserta tentang arti pentingnya nasionalisme yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan”, ungkap Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos.

Pada Akhir sambutannya Dan lanud Ats, mengharapkan kepada peserta Pendidikan Bela Negara Dan Wawasan Kebangsaan dapat menjadi motor penggerak kesadaran bela negara dan pemantapan wawasan kebangsaan dimana saja berada. dan sebagai kader komponen cadangan, selalu siap menjadi pelopor kesadaran bela negara, baik di lingkungan pendidikan maupun tengah masyarakat luas.

Pada kesempatan penutupan pendidikan pendahuluan bela negara dan wawasan kebangsaan tersebut, diserahkan sertifikat kepada peserta pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan sebagai tanda telah mengikiti pendidikan tersebut, yang diserahkan oleh Kepala Dinas Oprerasi Lanud Ats, Kolonel Pnb. Muzafar, S.Sos. MM.

Hadir pada penutupan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara, Rektor Universitas Ibn Khaldun, Dr. H.E. Bahruddin, M.Ag..,Segenap Civitas Akademik UIKA, Kadispers Lanud Ats, Kolonel Pnb. Andi F. Picaulima, S.Sos, para Komandan Satuan, serta undangan lainnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando