PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Prajurit Lantamal XII Laksanakan Upacara Peringatan HUT TNI AL Ke-72

Prajurit Lantamal XII Laksanakan Upacara Peringatan HUT TNI AL Ke-72

Written By portal komando on 11 Sep 2017 | 6:07 PM

Pontianak, PK-Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi yang diwakili oleh Asisten Perencanaan (Asrena) Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (S) Subiyantoro memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari jadi TNI Angkatan Laut ke-72 di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Senin (11/09).
 
Disebutkan dalam rilis Dispen Lantamal XII, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Asisten Perencanaan (Asrena) Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (S) Subiyantoro menyampaikan pada hakekatnya, upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yang harus kita pahami bersama, yaitu:

Pertama, makna keimanan dan ketakwaan, sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya, selama 72 tahun masa pengabdian TNI Angkatan Laut.

Kedua, makna historis, sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI Angkatan Laut dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara.

Ketiga, makna evaluatif, sebagai momentum introspeksi dan evaluasi diri, tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu, guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.

Meneruskan amanat Kasal, sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara, yang sadar akan jati dirinya sebagai Tentara Nasional Indonesia yang terlahir dari rakyat, TNI Angkatan Laut senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat, berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalannya pembangunan nasional, karena itu sangat tepat pada peringatan hari jadi tahun ini tema yang diambil adalah “Bersama Rakyat, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian”, implementasi nyata dari tema tersebut, pada peringatan kali ini, TNI Angkatan Laut melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan kontribusi dan partisipasi rakyat, seperti olahraga perairan, bakti sosial kesehatan berupa donor darah dan pengobatan masal, bersih-bersih pantai dan lomba-lomba yang disesuaikan dengan kearifan lokal di masing-masing kotama/ satker dan untuk lebih mendekatkan TNI Angkatan Laut dengan rakyat dilaksanakan juga kegiatan open day dan open ship di kotama TNI Angkatan Laut dan puspenerbal, kegiatan ini sekaligus juga sebagai bentuk pertanggung jawaban TNI Angkatan Laut kepada rakyat.

Sejalan dengan visi poros maritim dunia, pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI yang tersebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kebijakan pemerintah ini ditindaklanjuti TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau-pulau terluar dan strategis yaitu Natuna, Yamdena-Selaru, Morotai, Biak dan Merauke, arah kebijakan baru Pemerintah dan TNI tersebut tentunya mempengaruhi perencanaan pembangunan TNI Angkatan Laut, sebagai implementasinya diperlukan oreorientasi penetapan prioritas pembangunan TNI Angkatan Laut, dihadapkan dengan realita sumber daya yang ada yaitu anggaran dan waktu, untuk itu kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut ke depan diarahkan untuk mencapai sasaran perencanaan strategis yaitu penajaman minimum essential force (mef), dengan pendekatan perencanaan berbasis kemampuan (capability based planning), pembangunan sarana dan prasarana serta bekal yang dibutuhkan untuk mendukung kesiapan operasional dan peningkatan profesionalitas prajurit.

Untuk mencapai sasaran tersebut, maka kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut ke depan akan dititik beratkan pada beberapa bidang prioritas, yaitu mempertajam orientasi modernisasi dengan menghapus alutsista tua dan menggantinya dengan alutsista baru, menguatkan kemampuan TNI Angkatan Laut di pulau ter luar strategis, membangun pangkalan untuk menyiapkan kekuatan, membatasi jumlah kegiatan yang tidak diperlukan dalam rangka mempermudah proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi, kepada segenap jajaran TNI Angkatan Laut agar mencermati proses perencanaan strategis yang memiliki keterkaitan erat dengan mekanisme jalannya pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan, hal ini dapat dilakukan dengan mengambil langkah-langkah tepat dan akurat, melalui kebijakan pembinaan yang menetapkan skala prioritas, sehingga perwujudan visi TNI Angkatan Laut untuk menjadi kekuatan yang handal dan disegani serta berkelas dunia akan dapat berjalan sesuai track yang telah direncanakan.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi di sampaikan Kasal kepada segenap Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas, atas dedikasi dan loyalitas pengabdian yang telah diberikan, dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan dan pencapaian tugas-tugas TNI Angkatan Laut, ucapan yang sama di sampaikan juga kepada sesepuh dan pinisepuh serta seluruh keluarga besar prajurit TNI Angkatan Laut, yang selalu memberikan dukungan motivasi sumbangan pemikiran dan doa yang tulus ikhlas, sehingga dapat memberikan kepercayaan diri yang kuat dalam pelaksanaan tugas yang diemban.

Adapun penekanan yang di sampaikan Kasal dan sebagai pedoman bagi segenap Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI Angkatan Laut di antaranya:

pertama, tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit tni angkatan laut yang bermoral, profesional dan berani serta pedomani dan hormati hukum, nilai-nilai demokrasi serta hak asasi manusia dalam setiap pelaksanaan tugas.

kedua, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab disertai kerelaan berkorban demi terjaganya keselamatan serta keutuhan bangsa dan negara.

ketiga, pelihara segenap alutsista persenjataan dan peralatan yang dipercayakan negara dengan sebaik-baiknya, agar dapat mendukung keberhasilan setiap pelaksanaan tugas secara optimal.

keempat, mantapkan kekompakan antar komponen tni, agar dapat terjalin koordinasi dan kerja sama yang harmonis antara tni al dengan satuan-satuan tni lainnya, sebagai refleksi dari tampilan tni yang kokoh dan solid serta mantapkan kemanunggalan tni dengan rakyat.

kelima, tingkatkan kewaspadaan dan antisipatif terhadap perkembangan situasi yang cepat berubah, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang merugikan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Hari jadi TNI Angkatan Laut ke-72 yang jatuh pada tanggal 10 September,2017 diperingati dengan pelaksanaan Upacara di Mako Lantamal XII Pontianak pada hari Senin tanggal 11 September, adapun yang bertugas sebagai Komandan Upacara Mayor Laut (PM) Hari Subagiyo, A.Md. S.H., yang sehari-hari menjabat sebagai Wadan Pomal Lantamal XII Pontianak serta diikuti oleh 1 peleton Perwira Menengah (Pamen), 1 peleton Perwira Pertama (Pama), 1 peleton Bintara bersenjata, 1 peleton Tamtama bersenjata, 1 peleton Marinir dari Yonmarhanlan XII, 1 peleton ASN Lantamal XII Pontianak serta 1 peleton dari Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut.(AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando