Home » » Prajurit Mako Lanal Tegal Melaksanakan Samapta Rutin Periode II Tahun 2017

Prajurit Mako Lanal Tegal Melaksanakan Samapta Rutin Periode II Tahun 2017

Written By portal komando on 20 Sep 2017 | 7:35 AM



Lantamal V (19/9),--- Kemampuan fisik para prajurit dan ASN harus tetap dijaga dan dipelihara, untuk mengetahui kemampuan fisik para prajuritnya guna mendukung kelancaran tugas pokok prajurit TNI, maka Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal ) Tegal Lantamal V melaksanaan tes kesegaran jasmani periodik II tahun Anggaran 2017 di Mako Lanal Tegal jl.Proklamasi no.1 kota Tegal, selasa (19/9).

Kegiatan rutin Samapta yang di laksanakan prajurit dan ASN Lanal Tegal ini merupakan kegiatan wajib program setiap setahun 2 kali. Samapta di bagi 2 gelombang peserta ,dan dalam pelaksanaan di ikuti oleh Perwira staff mako Lanal,Prajurit Mako Lanal dan Aparatur Sipil Negara(ASN) Lanal Tegal.

Sebelum melaksanakan kegiatan Garjas, terlebih dahulu melaksanakan melaksanakan tes kesehatan yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan dari BP Lanal Tegal untuk mengukur tensi dan denyut nadi oleh tim Kesehatan Lanal Tegal serta prosedur lainnya yang sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan jasmani yang di keluarkan oleh TNI AL.

Pelaksanaan test kesegaran jasmani diawasi oleh Tim Jas Rek dari Lanal Tegal yang meliputi test kesegaran “A” yaitu lari selama 12 menit dan test kesegaran “B” yaitu: pull up, sit up, push up dan shuttle run, serta renang militer dasar dengan jarak 50 meter.

Danlanal Tegal Letkol Marinir SB. Manurung disela-sela pelaksanaan tes garjas menyampaikan bahwa kegiatan tes kesegaran jasmani periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI AL khususnya Prajurit Lanal Tegal, kemampuan jasmani yang baik mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit, karena hal ini merupakan tolak ukur dalam melaksanakan tugas dan kegiatan ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan seluruh prajurit Cilacap guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AL.

Danlanal berharapkan melalui tes kesegaran jasmani periodik ini, dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap enam bulan sekali dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin banyak sehingga dituntut prajurit yang profesional dan memiliki fisik yang tetap prima, oleh karena itu dibutuhkan pembinaan fisik secara rutin, Apabila jasmani prajurit meningkat harus dipertahankan akan tetapi apabila jasmani prajurit menurun perlu diadakan pembinaan fisik secara ekstra disatuan.

Selain melaksanakan tes kesegaran jasmani periodik II tahun 2017 lanjutnya, tes kesegaran jasmani untuk persyaratan usulan kenaikan pangkat periode Oktober 2017 mendatang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando