PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Prosesi Penyambutan Dua Helikopter EC-725 AP Caracal Di Lanud Ats

Prosesi Penyambutan Dua Helikopter EC-725 AP Caracal Di Lanud Ats

Written By portal komando on 19 Sep 2017 | 8:09 PM


Keempat Penerbang, yaitu Letkol Pnb Sigit Gatotprasetyo, M.MOAS yang adalah Komandan Skadron Udara 8, Letkol Pnb Asep, Letkol Pnb Kisworo, dan Mayor Pnb Betya Lukman.yang menerbangkan HT-7205 dan HT-7206 dari PT. Dirgantara Indonesia ke Lanud Ats.

Keterangan Gambar: Danlanud Ats,  Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., melaksanakan tradisi pentahbisan berupa penyiraman air ke pesawat EC-725 AP Caracal, disaksikan oleh Asrena Kasau, Marsda TNI Fahru Zaini Isnanto dan Aslog Kasau, Marsda TNI Yadi Husyadi, serta seluruh undangan yang hadir, Selasa (19/9). 

Lanud Atang Sendjaja, Selasa (19/9)Main Appron Lanud Atang Sendjaja terlihat sedikit berbeda dari hari-hari biasanya karena ada penataan khusus di Main Appron yang dilakukan berkaitan dengan kedatangan dua buah pesawat helikopter EC-725 AP Caracal dengan nomor registrasi HT-7205 dan HT-7206 dari PT. Dirgantara Indonesia, hari ini, Selasa (19/9).

Dengan iringan lagu, “Berkibarlah bendera negriku” terdengar suara Kapten Pnb Fajar dari Skadron Udara 8, yang bertindak sebagai Master of Ceremoni (MC) mengarahkan seluruh tamu undangan untuk menatap ke langit di atas Lanud Atang Sendjaja bersamaan dengan munculnya dua pesawat helikopter EC-725 AP Caracal dengan nomor registrasi HT-7205 dan HT-7206 yang diterbangkan oleh empat orang Penerbang gagah perkasa, Letkol Pnb Sigit Gatotprasetyo, M.MOAS yang adalah Komandan Skadron Udara 8, Letkol Pnb Asep, Letkol Pnb Kisworo, dan Mayor Pnb Betya Lukman.

Pesawat kemudian landing di spot junction dan melaksanakan taxy ke Main appron Lanud Ats, sementara dua mobil air telah menunggu untuk melaksanakan water salvo. Ketika pesawat memutar di depan hanggar Skatek 024 menuju main appron, tradisi water salvo dilaksanakan, dan ibarat berada dibawah guyuran air hujan yang bermakna pembasuhan atau pembersihan, pesawat terus taxy menuju appron dipandu oleh parking master. Setelah pesawat berhenti dengan posisi menghadap ke tribun undangan, keempat penerbang Skadron Udara 8 melangkah dengan gagah menuju ke tribun, dan sudah dinantikan oleh Asisten Perencanaan (Asrena) Kasau, Marsda TNI Fahru Zaini Isnanto, Danlanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., serta para pejabat dan hadirin yang hadir untuk menyalami keempat penerbang tersebut.

Setelah acara penyerahan dari PT. Dirgantara Indonesia dan diterima oleh TNI Angkatan Udara, acara tradisi selanjutnya adalah pentahbisan pesawat berupa penyiraman dan pemecahan kendi yang dilakukan oleh perwakilan dari PT. DI, Asrena Kasau, Marsda TNI Fahru Zaini Isnanto, serta Danlanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos.

“Dengan penerimaan dua pesawat helikopter EC-725 AP Caracal melengkapi empat pesawat helikopter EC-725 AP Caracal sebelumnya, akan menambah kekuatan TNI Angkatan Udara secara umum dan Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja secara khusus”, ungkap Asrena Kasau, Marsda TNI Fahru Zaini Isnanto. “Harapan saya, lanjut Asrena Kasau, dengan bertambahnya kekuatan dua pesawat helikopter EC-725 AP Caracal ini, kegiatan-kegiatan operasi yang dilaksanakan Lanud Atang Sendjaja semakin dapat ditingkatkan, dan dalam pelaksanaan kegiatan operasi, saya berharap dapat berjalan dengan aman dan lancar pula”.

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Niaga PT. Dirgantara Indonesia, bapak Irzal Rinaldi Zailani. “Semoga dengan penambahan armada udara berupa pesawat EC-725 AP Caracal nomor registrasi HT-7205 dan HT-7206 di untuk TNI Angkatan Udara secara umum dan Lanud Atang Sendjaja secara khusus, akan menambah kekuatan pesawat-pesawat TNI Angkatan Udara”, ungkap Direktur Niaga PT. DI. “Dengan terus bertambahnya kekuatan pesawat di TNI Angkatan Udara yang semakin canggih, akan membuat Indonesia semakin disegani oleh negara-negara lain”, terang Direktur Niaga PT. DI.

Tradisi selanjutnya adalah pembukaan label yang menutup nama dari helikopter EC-725 AP Caracal, baik yang di bodi pesawat maupun yang di ekor pesawat oleh Asrena Kasau, maka terbacalah tulisan di body pesawat “TNI AU” dan di ekor pesawat terlihat tulisan nomor registrasi pesawat.

Hadir pada acara penyambutan dan penerimaan helikopter EC-725 AP Caracal nomor registrasi HT-7205 dan HT-7206, Aslog Kasau, Marsda TNI Yadi Husyadi, Kaskoopsau I, Marsma Hendry Alfiandi, Kadisaero, Marsma TNI Dento Priyono, Danlanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., Dirut PT. DI yang diwakili oleh Direktur Niaga, bapak Rizal Rinaldi dan staf, Danwing 4, Kolonel Pnb Hendro Arief H, S.Sos, Para Kadis Lanud Ats, para Komandan Satuan Lanud Ats, serta undangan pejabat Mabesau, Koopsau I, serta perwira Staf Lanud Atang Sendjaja.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando