KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » SAFARI PUSHIDROSAL DI LANTAMAL VI

SAFARI PUSHIDROSAL DI LANTAMAL VI

Written By portal komando on 12 Sep 2017 | 2:15 PM

PK,. Makassar, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengadakan Safari Pushidrosal bertempat di Gedung Hasanuddin Mako Lantamal VI, Selasa (12/09/2017). Safari ini dalam rangka Sosialisasi Peran, Tugas dan Fungsi Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Militer maupun sebagai Lembaga Hidrografi Nasional kepada Kotama – kotama TNI AL Khususnya di Lantamal VI.
 
Dalam sambutan yang diberikan oleh Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., pada acara ini menyampaikan selamat datang di Mako Lantamal VI Makassar kepada Tim Sosialisasi Pushidrosal bahwa disela kesibukan yang ada, Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Drs. Ir. Harjo Susmoro, S.H., M.H., beserta rombongan menyempatkan waktunya untuk bertatap muka dengan Prajurit dan PNS Lantamal VI serta para perwakilan Unsur Maritim Wilayah Makassar guna memberikan Informasi – informasi penting tentang Peran, Tugas dan Fungsi Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Militer maupun Sebagai Lembaga Hidrografi Nasional.
 
Lebih lanjut, Danlantamal VI Mengatakan Pushidrosal bertugas menyelenggarakan Pembinaan Hidro Oseanografi (Hidros), meliputi Survey, Penelitian, Pemetaan Laut, Publikasi, Penerapan Lingkungan Laut dan Keselamatan Navigasi Pelayaran, baik untuk kepentingan TNI maupun untuk Kepentingan Umum dan menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut. “Terkait dengan hal tersebut, maka saya menyambut baik dan sangat apresiatif terhadap kegiatan ini. Materi yang disosialisasikan memiliki nilai relevansi dan nilai strategis terhadap pelaksanaan tugas kita sebagai prajurit TNI AL”, Ujar Danlantamal VI.
 
“Terima Kasih kepada Kapushidrosal beserta Tim Sosialisasi atas pelaksanaan Kegiatan ini”, Kata Danlantamal VI.
 
Selanjutnya, Dalam Paparan yang disampaikan oleh Kapushidrosal menyampaikan  Pushidrosal berkewajiban untuk menyediakan layanan-layanan Hidrografi dan Kenautikaan untuk keselamatan pelayaran dengan melaksanakan survei hidrografi, menyiapkan dan mengumumkan peta navigasi laut, petunjuk-petunjuk pelayaran dan publikasi nautika lainnya, menerbitkan berita pelaut guna memelihara informasi peta navigasi laut dan publikasi nautika agar selalu up to date, serta menyediakan segala sesuatu terkait pengelolaan data agar dapat mendukung fungsi pelayanan keselamatan pelayaran. pemerintah berkewajiban untuk memastikan bahwa informasi yang disajikan di peta navigasi laut dan publikasi nautika mengikuti ketentuan yang berlaku pada resolusi-resolusi internasional.

Kemudian, masih dalam paparan Kapushidrosal juga, Guna mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia maka transportasi laut merupakan infrastruktur dan tulang punggung kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagi negara kepulauan seperti indonesia, yang memiliki jumlah pulau yang tersebar luas, transportasi laut menjadi urat nadi dan diperlukan transportasi laut yang memadai. Transportasi merupakan jaring penghubung terhadap wilayah-wilayah yang terpencil dan jauh dari pusat kegiatan ekonomi. Jalur transportasi laut yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional suatu negara harus mendapatkan prioritas jaminan aspek keselamatan dan keamanan di alur-alur pelayaran strategis, khususnya di perairan strategis di wilayah Indonesia.

Data Hidrografi, Oseanografi, Meteorologi Dan Geografi Maritim yang telah dikumpulkan oleh tim surta hidros pushidrosal  diolah dan disimpan dalam sebuah database hidrografi untuk dimanfaatkan dalam rangka mendukung kepentingan pertahanan dan pembangunan nasional melalui produknya yaitu peta laut indonesia (paper charts), enc, publikasi nautika, dan peta militer diantara peta pendaratan amfibi, peta tempur gabungan, peta khusus kapal selam serta informasi-informasi  hidro-oseanografi yang diperlukan dalam pembangunan pangkalan maupun peperangan.

Dalam acara ini juga diadakan saling memberikan Cinderamata dari Kapushidrosal kepada Danlantamal VI dan begitupun sebaliknya.

Hadir dalam acara safari ini, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman, M. Tr (Han), Para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Para Kadis dan Kasatker Lantamal VI serta para perwakilan Perwira Menegah (Pamen) dan Perwira Pertama (Pama) Mako Lantamal VI.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando