PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Satgas Civic Mission Indonesia TNI AU - BNPB . "Bingkisan Tahun Baru 1439 Hijriah Bagi Rakhine State"

Satgas Civic Mission Indonesia TNI AU - BNPB . "Bingkisan Tahun Baru 1439 Hijriah Bagi Rakhine State"

Written By portal komando on 23 Sep 2017 | 8:29 AM


PK,.JAKARTA,.Tepat 1 Muharram, hari pertama di tahun baru Hijriah 1439 (Kamis 21/9), di mana saat itu adalah hari libur Nasional, Satgas Civic Mission Indonesia TNI AU - BNPB tidak ikut menikmati liburan.  Justru Satgas yang dipimpin oleh Marsma TNI Nanang Santoso ini tetap beroperasi dan berhasil mengirim 20 ton barang bantuan langsung ke Myanmar, tepatnya ke kota Yangon.

Kiriman dari Indonesia ini adalah satu - satunya kiriman atas nama negara yang diperbolehkan masuk ke Myanmar oleh pemerintah setempat. Hal ini tak lepas dari peran Kementrian Luar Negeri yang secara maksimal berdiplomasi dengan pemerintah Myanmar.  Sehingga 2 Pesawat C-130 Hercules TNI AU yang membawa 20 ton bantuan bisa mendarat di Bandara Yangon.

Sebelumnya, pengiriman bantuan dilakukan melalui kota Chittagong Bangladesh yang dekat perbatasan dengan Myanmar.  Total barang bantuan yang telah dikirim baik yang melalui Bangladesh dan yang langsung ke Myanmar mencapai hampir 100 ton. Banyaknya bantuan tersebut telah menorehkan catatan tinta emas sebagai bantuan kemanusiaan terbanyak ke luar negeri melalui udara sepanjang sejarah Indonesia. Demikian pula pelibatan 6 pesawat Herky TNI AU tercatat sebagai operasi Airlift ke luar negeri terbesar yang pernah di lakukan Indonesia.
Ketika 2 Herky mendarat di Yangon, kami diterima dengan hangat oleh Duta Besar Indonesia untuk Myanmar Ito Sumardi dan juga beberapa pejabat pemerintah Myanmar. Pihak Satgas Civic Mission Indonesia merasa lega dan senang ketika mendapat sambutan yang demikian bersahabat. 
 
Nampak dalam foto, Dansatgas dan perwakilan BNPB menyerahkan bantuan kemanusiaan dari Indonesia secara simbolik kepada Dubes Ito Sumardi dan pejabat pemerintah setempat.

Karena bertepatan dengan tanggal 1 Muharram, kami dari Satgas Civic mission Indonesia menyebutkan bahwa bantuan ini adalah Bingkisan Tahun baru 1439 Hijriah dari Indonesia yang mencerminkan perhatian dan kasih sayang Rakyat Indonesia yang cinta damai kepada sesama umat manusia khususnya bagi saudaranya di Rakhine State.(AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando