KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Satgas Pamtas Yonmek 512/QY Melaksanakan Patroli Keamanan di Batas Negara RI - PNG

Satgas Pamtas Yonmek 512/QY Melaksanakan Patroli Keamanan di Batas Negara RI - PNG

Written By portal komando on 7 Sep 2017 | 12:38 PM



PK,.Satgas 512; Keerom. Tugas pokok Satuan tugas pengamanan perbatasan RI – PNG Batalyon lnfanteri Mekanis (Satgas Yonmek) 512/QY adalah melaksanakan pengamanan wilayah dalam rangka menjaga keutuhan NKRI. Pos Unggalom Kompi A Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY melaksanakan patroli keamanan dalam rangka pengecekan patok batas negara MM 4.4 yang menjadi tanggung jawab posnya. Patok batas tersebut berada di wilayah perbatasan antara Negara Republik Indonesia dengan Negara Papua New Guinea (RI-PNG) yang masuk dalam wilayah kabupaten Keerom propinsi Papua. Kamis (7/9/2017)

Dalam pelaksanaan patroli keamanan pengecekan patok batas negara antara RI-PNG pada patok MM 4.4, Satgas Yonmek 512/QY mengeluarkan 1(satu) tim Patroli dari Pos Unggalom Kompi A yang terdiri dari 13 (Tiga belas) prajurit satgas dan dipimpin langsung oleh Danpos Unggalom, Letda Inf Heri Susilo selaku Komandan Patroli. Untuk dapat mencapai patok perbatasan tersebut, tim patroli harus berjalan kaki selama 6 (enam) hari menyusuri sungai, hutan belantara, ketinggian dan pegunungan.

Menurut Letda Inf Heri Susilo, tim patroli Satgas Yonmek 512/QY, dalam perjalanan menuju Patok batas MM 4.4 tersebut, tim patroli melewati salah satu kampung terdekat dengan perbatasan yaitu kampung Akerinda. Di kampung tersebut, tim patroli melaksanakan kegiatan Anjangsana ke rumah tokoh masyarakat dan dilanjutkan melaksanakan kegiatan karyabakti bersama masyarakat.

Setelah 3 hari melaksanakan perjalanan, tim patroli akhirna tiba di patok perbatasan MM 4.4. Patok tersebut ternyata masih tetap dalam keadaan utuh dan tepat pada kedukan/koordinat yang tepat (tidak bergeser). Selanjutnya tim Patroli melaksanakan pembesihan/perawatan patok serta membersihkan rumput/ilalang disekitar patok, dilanjutkan kegiatan /pengambilan dokumentasi.

Dansatgas Yonmek 512/QY Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos. Dalam pengarahannya menyampaikan kepada prajurit Satgas Yonmek 512/QY bahwa kita mendapatkan tugas untuk melaksanakan pengamanan perbatasan wilayah darat RI-PNG di Sektor Utara wilayah Kabupaten Keerom dan Pegunungan Bintang Provinsi Papua. Satuan tugas kita memiliki tanggung jawab untuk mengamankan 13 Patok Batas Negara mulai dari patok MM 4.3 sampai dengan patok MM 7.2.

Lebih lanjut Dansatgas menjelaskan bahwa, tanggung jawab tersebut bukan suatu kendala bagi prajurit Satgas Yonmek 512/QY, namun tugas itu merupakan suatu amanah dari rakyat Indonesia yang sangat menginginkan tetap tegak dan utuhnya wilayah NKRI, tegasnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando