PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Satu Jam Bersama Danrem 061/Suryakencana, Kolonel Inf. Mirza Agus

Satu Jam Bersama Danrem 061/Suryakencana, Kolonel Inf. Mirza Agus

Written By portal komando on 21 Sep 2017 | 10:21 AM

PK,.BOGOR,.Kamis,(21/9),.Wartawan Portal Komando dan tiga wartawan media online lainnya berkesempatan berkunjung ke Makorem 061/Suryakencana yang berada di Jl. Merdeka dan bertemu serta berbincang dengan Komandan Korem (Danrem), Kolonel Inf. Mirza Agus di kantornya, Jl.  Raya Merdeka No.64, Ciwaringin, Bogor, Rabu (20/9) kemarin.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, Danrem yang di dampingi Kasi Intel, Letkol Inf Haris Sukarman dan Kapenrem, Mayor Lukamn Hakim  berbincang akrab mengenai berbagai hal seputar kemajuan diantaranya pembinaan SDM yang ada di jajarannya.

Dirinya yang menjabat Danrem 061/Suryakencana kurang lebih satu tahun lebih itu sangat apresiasi terhadap anggotanya, karena dalam kurun waktu 2009 hingga 2017 Bogor, Sukabumi, Cianjur relatif kondusif sepanjang waktu. "Bukan pertama kali saya dinas di Bogor tahun 2009-2010 bertugas sebagai Dandim 0606/Kota Bogor, artinya kemampuan anggota Babinsa, Danramil, Kodim hingga terus keatas bisa melakukannya" tuturnya. 

Disampaikannya lebih lanjut, selain program kegiatan teritorial,  baik pembinaan wilayah, komsos dan Bhakti TNI serta program pimpinan atas yang sudah dijalankan dengan baik itu, juga sudah dilakukan terobosan oleh satuan wilayah dibawah Korem. "Sebagai contoh Kodim 0606/Kota Bogor mempunyai program matematika untuk anak siswa sekolah Dasar dan Menengah, saya sudah tinjau dan berjalan kurang lebih tiga tahun''. Bagaimana anak itu tidak takut dengan pelajaran matematika. Babinsa mengajak anak-anak untuk mencintai ilmu pengetahuan dalam hal ini ilmu Matematika. Program tersebut juga sudah disosialisasikan kepada Kodam lain" papar Kolonel Mirza.  

Untuk kegiatan Bhakti TNI diluar program TMMD juga kerap dilakukan oleh satuan-satuan Kodim, contoh dengan apa yang dilakukan Kodim Bogor tahun ini membangun jembatan di layar lanjutan dari TMMD tahun lalu. "Dengan pembangunan yang melibatkan tebaga dari masyarakat sangat membatu masyarakat sekitar untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan tersebut dan mereka mengucapkan terima kasih karena masyarakt sudah bisa menyebrang dan mendapatkan gaji" katanya.  

Dalam hal komsos lainnya dengan masyarakat, lanjut pria lulusan Akmil '90 ini, sebagaimana perintah Pangkima TNI untuk  melaksanakan kegiatan doa bersama bertajuk '171717', TNI AD pun mengajak seluruh warga Indonesia untuk ikut berpartisipasi pada gerakan ini. 

Dia mengajak kurang lebih  2000 orang terdiri dari tokoh agama beserta umatnya  jadi satu,  bahkan untuk umat Konghucu disediakan ruangannya di Makorem. 

Kegiatan tersebut menjadi hal yang baru dimana selama ini belum ada kegiatan doa dilakukan bersama-sama dalam satu tempat. "Jadi mulai selesai sholat ashar hingga waktu maghrib kami laksanakan doa bersa tersebut, selesai itu yang muslim sholat maghrib selesai itu kita lakukan makan bersama sambil duduk bersama. 

Kegiatan tersebut disambut baik oleh seluruh peserta karena mereka rindu dengan suasana seperti itu dan meminta untuk dilaksanakan kembali. Dan Insya Allah pada 5 Oktober nanti akan saya adakan kembali di Sempur. Inilah sebagai salah satu bentuk aplikasi dari komsos kepada wilayah" ujar Danrem. 

Selain kepada masyarakat, dikatakannya, melalui bagian Penerangan  juga kerap dilakukan Komsos kepada media massa baik cetak atau online. 

Hal itu juga dilakukan sekaligus untuk  membina dan meningkatakan kemampuan SDM dalam menghadapi  perkembangan  informasi. "Rata-rata babinsa saya sudah mahir akan hal itu, pertama mungkin diarahkan oleh dandim dalam hal pembuatan laporan.

 Contohnya saya setiap hari menerima foto kegiatan apa saja yang sedang dan telah dilakukan para babinsa, di HP saya ada lebih dari 500 foto kegiatan lapangan yang dikirimkan langsung ke saya" imbuh Darem.

Tiga bulan menjabat, dirinya memerintahkan Kepala Penerangan (Kapen)  untuk menatar anggota penerangan di Korem dan staf intel di Kodim dibantu oleh wartawan senior cara  mengambil foto hingga membuat laporan daari hasil foto tersebut. "Jadi dengan diberikan pengetahuan dan anggaran SDM kita mampu melakukan apa saja dan memiliki kemampuan luar biasa." pungkas Kolonel Inf Mirza Agus.(AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando