PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Sekkau A-102 Laksanakan Kuker Untuk Penggalian Data

Sekkau A-102 Laksanakan Kuker Untuk Penggalian Data

Written By portal komando on 5 Sep 2017 | 3:16 PM


Rombongan Kuker Pasis Sekkau Angkatan ke-102 beserta pejabat Lantamal VIII melaksanakan foto bersama di Lantamal VIII Menado. *Pentak Sekkau*
. Komandan Sekkau, Kolonel Pnb Jorry S. Koloay, S,IP., menyampaikan sambutan dalam Kuker Pasis Sekkau Angkatan ke-102, di Polda Sulawesi Utara. *Pentak Sekkau*
PK,.JAKARTA,.Sebanyak 100 Perwira Siswa Sekkau Angkatan ke-102 didampingi pejabat dan Patun Sekkau serta para pendukung melaksanakan Kuliah Kerja (Kuker) Pasis Sekkau Angkatan ke-102 selama 5 hari kerja dengan mengunjungi beberapa tempat sebagai objek penelitian.

Mengangkat tema ”Kerjasama TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Instansi terkait lainnya dalam rangka penguatan sistem keamanan wilayah perbatasan negara guna mencegah ancaman radikalisme dan terorisme di wilayah Sulawesi Utara”, Kuker Pasis Sekkau Angkatan ke-102 dipimpin oleh Komandan Sekkau, Kolonel Pnb Jorry S. Koloay, S.IP., mengadakan kunjungan sebagai sarana penggalian data di wilayah Jakarta, Makassar dan Menado.

Di wilayah Jakarta, sebagai kunjungan hari pertama rombongan Kuker diterima Paban I Ren Sopsau, Kolonel Pnb Eding Sungkana, S.A.B., M. Tar (Han) dilanjutkan ke Sops Mabes TNI. Pada kesempatan itu Paban IV Ops Mabes TNI, Kolonel Inf Syafirudin, SE., MM., M. Tar (Han) menerima rombongan Kuker Sekkau dilanjutkan dengan paparan oleh Paban VI Surta Mabes TNI, Kolonel Ctp Ir. Asep Edi Rosidin, MDA., di gedung serbaguna Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap.

Menuju Koopsau II pada hari kedua, rombongan disambut Kadisops Koopsau II beserta jajaran dan diterima oleh Kas Koopsau II di Mako Koopsau II Makassar, untuk selanjutnya melanjutkan kunjungan ke Kosekhanudnas II Makassar. Pada kesempatan itu dalam sambutan Komandan Sekkau kepada Pangkosekhanudnas II mengatakan pemilihan tema dimaksud karena di wilayah Indonesia bagian Timur terdapat obyek vital, Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dan merupakan daerah yang berbatasan dengan negara lain.

Pengumpulan informasi dan data-data terkait tema yang diusung dalam Kuker Pasis Sekkau Angkatan ke-102 berikutnya adalah mengunjungi Kodam XIII/Merdeka, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Lantamal VIII Menado. Berkesempatan menggali data di Kodam XII/Merdeka, rombongan kuker diterima Kasdam Kodam XIII/Merdeka, Brigjen TNI Santos G. Matondang yang menyampaikan harapan agar para pasis memanfaatkan kesempatan kunjungan sebagai ajang untuk mengetahui tentang situasi dan kondisi di wilayah Kodam XIII/Merdeka.

Pada kesempatan itu, dalam sambutan Dansekkau menyampaikan bahwa pelaksanaan Kuliah Kerja Pasis Sekkau ini merupakan formulasi kegiatan sebagai perwujudan dari tujuan dan sasaran pendidikan Sekkau yang harus dicapai yaitu memiliki pengetahuan dan keterampilan dibidang operasi, manajemen serta kepemimpinan.

“Oleh karenanya penting bagi Pasis untuk dapatnya mengaplikasikan pengetahuan teoritis dan pengetahuan pendukung melalui penelitian” kata Dansekkau.

Berkunjung ke Lantamal VII Menado, Wadan Lantamal VIII, Kolonel Marinir Eddy Setiawan mewakili Komandan Lantamal VIII Menado menyampaikan tentang posisi Lantamal VIII yang strategis serta kedudukannya sebagai satuan komando pelaksana, dukungan Koarmatim yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut seperti kapal, Pesawat, dan Marinir.

Penggalian data dan informasi juga dilaksanakan di Polda Sulawesi Utara, Lanud Sam Ratulangi dan Pemerintah Kota Bitung. Mengawali kunjungan di Polda Sulut, rombongan Kuker Sekkau bersama Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Bambang Waskito melaksanakan makan siang bersama di ruang Catur Prasetya, dilanjutkan paparan oleh Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Drs. Johanis Asadoma, M.Hum.

Pelaksanaan kunjungan di Lanud Sam Ratulangi, rombongan Kuker Pasis Sekkau Angkatan ke-102 diterima Kadisops Lanud Sam Ratulangi, Letkol Pnb Abran Tumanduk yang selanjutnya juga menyampaikan paparan mewakili Komandan Lanud Sam Ratulangi.

Kuliah Kerja Pasis Sekkau Angkatan ke-102 dihari terakhir ditutup dengan kunjungan ke Pemerintah Kota Bitung. Menyampaikan hal serupa dengan Lanud Sam Ratulangi, di Pemkot ini, Walikota Bitung, bapak Maximiliaan Jonas Lomban, SE., M.Si., mengetengahkan tugas dan kerjasama dengan instansi lain dalam pengamanan wilayah di perbatasan terhadap ancaman teroris.






Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando