PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Sertu Mulyono : Syukuran Sedekah Bumi, Tradisi Sejak Ratusan Tahun Melalui Budaya Adat Jawa

Sertu Mulyono : Syukuran Sedekah Bumi, Tradisi Sejak Ratusan Tahun Melalui Budaya Adat Jawa

Written By portal komando on 24 Sep 2017 | 12:18 PM

Cilacap - Sedekah bumi memang sudah menjadi tradisi di kecamatan Cimanggu, terutama di Dusun Cigintung, Desa Karangsari Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, beragam menu dibawa ke suatu tempat untuk memperingati Tahun Baru Islam 1439 H serta acara sedekah bumi, ujar Babinsa Koramil 14 /Cimanggu, Sertu Mulyono, Sabtu (23/09).

Menurut Sertu Mulyono, Kegiatan ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu melalui budaya adat orang Jawa yang selalu mengedepankan unsur gotong - royong.Keluhuran budaya inilah yang terus dijaga dalam hal kearifan lokal masyarakat desa Karangsari. Karena budaya adalah kasta tertinggi dalam hal kearifan lokal masyarakat sebagai unsur pemersatu bangsa Indonesia." Kata Mulyono.

Desa Karangsari, Kecamatan Cimanggu merupakan Desa  yang rata - rata  masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, dalam mensyukuri nikmat kepada Allah SWT, selain mengadakan bancakan syukuran, Desa Karangsari juga menggelar tontonan wayang kulit dan acara lainnya untuk memeriahkan sedekah bumi di desa Karangsari.

Kepala desa Karangsari Turijo menyampaikan, bahwa kegiatan sedekah bumi ini harus dilaksanakan secara terus menerus karena kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan juga merupakan bentuk budaya yang harus dilestarikan sampai ke anak cucu.

Kepala Desa juga menyampaikan diadakannya acara sedekah bumi ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan kebanggan terhadap desa yang dimiliki dan kepala Desa berharap dengan di adakan acara sedekah bumi ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT kedepannya supaya di berikan kehidupan yang lebih baik lagi tambah maju khususnya warga desa Karangsari diberikan kesehatan keselamatan tidak ada halangan suatu apa pun.

Selain itu, Kepala Desa juga menyampaikan banyak terima kasih kepada warga desa Karangsari atas partisipasinya dalam mengikuti acara  sedekah bumi di dusun Karangsari.
 
Tak luput ucapan terimakasih juga di berikan kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Karangsari yang telah membantu membangun jalan cor sepanjang 600 meter menjadi kebanggaan tersendiri bagi warganya.

Karena selain letak geografis desa Karangsari paling jauh dari pusat pemerintahan Kecamatan Cimanggu, selain itu lokasi jalan desa tersebut berada di pelosok desa. Dengan perjuangan keras bahu membahu pengecoran jalan Desa bisa rampung 100 persen." Pungkas Turijo Kepala Desa Karangsari.
(Pendim.Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando