PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dalam Rangka HUT Ke-72 TNI Kodam Pattimura

Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dalam Rangka HUT Ke-72 TNI Kodam Pattimura

Written By portal komando on 22 Sep 2017 | 9:01 PM

Ambon, (22/09) Menjelang HUT ke-72 TNI sekaligus menjelang bulan peduli kanker payudara yang sama-sama jatuh pada bulan Oktober, Persit Dharma Pertiwi Daerah Q kodam XVI/Pattimura menggelar kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara yang berlangsung di Aula Makodam.

Kegiatan ini dipandang penting oleh Persit Dharma Pertiwi, mengingat di Indonesia kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh rumah sakit dengan jumlah pasien sebanyak 12.014 orang. Bahkan, kasus baru kanker payudara menjadi kematian tertinggi di Indonesia dengan angka kematian 21,5/100.000.

Padahal kanker payudara adalah jenis kanker yang dapat dideteksi dengan cara SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri), serta SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis). Sayangnya kasus kanker payudara lebih banyak terjadi di daerah kurang berkembang seperti Indonesia.

Masalah terbesar dalam penanggulangan kanker saat ini adalah kurangnya informasi sehingga 70% penderita kanker payudara baru datang ke fasilitas pelayanan kesehatan setelah stadium lanjut. Perlu diketahui bahwa tidak semua benjolan di payudara adalah kanker payudara, namun apabila terdapat perubahan yang mencurigakan pada payudara agar segera memeriksakan diri ke dokter.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan memberikan pencerahan kepada seluruh anggota persit Dharma Pertiwi dan memampukan untuk mencegah serta mendeteksi kanker payudara, sekaligus membagikan informasi tidak hanya kepada keluarga, saudara tetapi juga bagi perempuan lain.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan sambutan oleh Ketua Persit Dharma Pertiwi Daerah Q Ny. Santi Doni Monardo yang mengatakan, sangat berharganya informasi pada sosialisasi ini, marilah kita simak bersama sosialisasi ini dengan baik, agar kita dapat mengambil manfaatnya. Apabila ada hal yang kurang jelas terhadap materi ceramah yang disampaikan dapat ditanyakan langsung kepada penceramah pada sesi tanya jawab. Dan pada akhir acara akan diadakan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan IVA Test di sudut ruangan yang telah disiapkan.

Lebih lanjut Ny. Santi Doni Monardo menambahkan dan mengingatkan “MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI”. Cegahlah kanker dengan pola hidup CERDIK yaitu C = Cek Kesehatan secara teratur, E = Enyahkan asap rokok, R = Rajin aktifitas fisik, D = Diet sehat dengan kaloriseimbang, I = Istirahat cukup dan K = Kelola stres.

Turut hadir pada kegiatan ini, Ketua Bhayangkari Daerah Maluku beserta Pengurus, dr. Janne Pattiasina, SpOG., selaku penceramah dan seluruh pengurus serta anggota Dharma Pertiwi Daerah Q. (Pendam16)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando