PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahab III Kodim 0703/Cilacap Resmi Dibuka

Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahab III Kodim 0703/Cilacap Resmi Dibuka

Written By portal komando on 27 Sep 2017 | 3:41 PM

Cilacap - Bupati Cilacap, H. Tato Suwarto Pamuji pimpin langsung Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2017 di Lapangan Desa Bulupayung, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, Rabu (27/09).

Tampak hadir dalam Upacara ini, Wakil Bupati Cilacap Ahmad Edi Susanto,ST, Danlanal Cilacap Kolonel Laut Agus Pramono, Kasi Intel Korem 071/WK Letkol Inf. Hari Purnomo, Letkol Inf. Yudi Purwanto Calon Dandim 0703/Cilacap,Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofiq Alfian, Plt. Sekda Cilacap Farid Ma'ruf ,MM, Ketua DPRD Cilacap Taswan S.Sos, dan para Komandan Koramil jajaran Kodim 0703/Cilacap, para Komandan Satdisjan, para SKPD Kabupaten Cilacap, Unsur Forkompimcam Patimuan, Forkompimcam Distrik Sidareja dan tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat setempat.

Dalam kesempatannya, Bupati Cilacap, H. Tato Suwarto Pamuji membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah. Dalam sambutannya mengatakan, "TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga bagi kita betapa penting dan luar biasanya kinerja kita yang diikat dengan semangat gotong royong. Semuanya ikut turun tangan untuk mendukung perwujudan kesejahteraan rakyat, kemajuan desa dan Indonesia. Berkat sentuhan TMMD, telah banyak desa yang tingkat kehidupan rakyatnya menjadi lebih baik. Begitupun berkat TMMD, berapa banyak rakyat desa yang makin termotivasi dan percaya diri mendayagunakan setiap potensi yang ada disekitarnya. Mereka makin terpacu berkreasi dan punya prakarsa untuk ikut terlibat dalam geliat memajukan pembangunan.

Jadi terbukti, TMMD telah berkontribusi besar dalam mendukung upaya kita meningkatkan kesejahteraan, mengurangi kesenjangan, dan menumbuhkan ketahanan masyarakat atas segala ancaman terhadap keutuhan NKRI.Karena itu, saya senang TMMD ini mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian RI.

"Sangat tepat pada saat kita punya tekad dan obsesi mewujudkan Indonesia yang berdaulat atas pangan. Kedaulatan yang ditunjukkan dari kemampuan kita berproduksi pangan guna memenuhi kebutuhan sendiri, serta sekaligus bagaimana kita mampu mewujudkan tingkat kesejahteraan para petani, peternak, nelayan, perkebunan, pembudidaya ikan menjadi lebih baik.

Upaya mensejahterakan rakyat itu jadi fokus pembangunan kita disaat angka kemiskinan di Jateng masih cukup tinggi, yaitu 13,01%. Dan Brebes merupakan salah satu kabupaten di Jateng dengan angka kemiskinan yang masih sangat tinggi pula. Ini PR kita bersama untuk dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Bagaimana mereka terpenuhi secara baik kebutuhan atas pangan,papan dan sandang, serta kesehatan dan pendidikan. Paling tidak kebutuhan dasar terpenuhi, syukur-syukur terpenuhi juga kebutuhan lainnya akan nilai-nilai kebangsaan. Apalagi akhir-akhir ini kita menghadapi ujian atas kemajemukan. Begitu pula radikalisme dan terorisme juga masih menjadi bahaya laten di sekitar kita. Termasuk potensi masih munculnya paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila. ancaman nyata yang membahayakan keutuhan NKRI. Bangsa ini harus terus belajar dari sejarah.

Bagi saya upaya untuk mengingatkan dan meningkatkan kewaspadaan akan bahaya komunisme, radikalisme, terorisme itu sangat penting.Jangan sampai sejarah kelam yang dialami bangsa kita ini terulang kembali.Pada prinsipnya mari kita kuatkan semangat gotong royong, dan kita sengkuyung rame-rame pembangunan yang mensejahterakan. Bangun desa dengan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya.

Dalam TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2017 yang dilaksanakan di Desa Bulupayung, Kecamatan Patimuan ini yang akan berlangsung hingga 2 Agustus 2017 nanti akan dilakukan kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik berupa pembangunan taludsepanjang 1.296 meter X 7.5 meter X 1 meter, pembangunan gorong-gorong 1 unit,dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 10 unit rumah.

Sedangkan untuk kegiatan Non Fisik berupa Pelayanan pengobatan gratis,Pelayanan KB Kesehatan dan pemutaran film, Bazar murah,pembuatan kartu kuning secara gratis, pembuatan akte kelahiran gratis, penyuluhan tentang kebencanaan, Bela Negara,Narkoba dan PBB serta pelatihan servis alat rumah tangga, pembuatan pupuk dan pengolahan industri kecil, Sosialisasi Perda dan Trantibummas dan bantuan alat pertanian, bantuan pengemasan produksi,bantuan bibit tanaman dan juga bantuan benih ikan.(S.Pendim.Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando