PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Tiga Kapal Perang Kolinlamil Dukung Peringatan Hut Ke-72 TNI

Tiga Kapal Perang Kolinlamil Dukung Peringatan Hut Ke-72 TNI

Written By portal komando on 28 Sep 2017 | 2:44 PM




Keterangan foto : KRI Bintuni 520 (tengah depan) saat sedang dalam formasi sailing pass pada Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 di Padang. (Dispen Kolinlamil).

Jakarta, 28 September 2017 ------- 3 Kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) turut meramaikan pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI yang akan berlangsung pada 5 Oktober 2017 di Pantai Indah Kiat, Cilegon Banten. Unsur-unsur kapal perang tersebut akan merapat di Cilegon, Banten, Kamis (28/09).

Ketiga Kapal perang milik Kolinlamil yang terdiri dari KRI Banda Aceh 593, KRI Bintuni 520 dan KRI Tanjung Kambani 971 yang akan berangkat menuju Pantai Indah Kiat Banten membawa pasukan defile TNI AL yang juga akan berlaga di peringatan ke-72 TNI.

Kapal perang berjenis Landing Platform Dock atau kapal markas ini dan kapal angkut personil akan bergabung dengan kapal perang milik Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) dan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) untuk turut dalam Demo Gabungan Tempur Matra Laut pada 5 Oktober mendatang yang akan disaksikan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Operasi pergeseran pasukan dan pergeseran material merupakan salah satu tugas dan fungsi Kolinlamil sebagai Kotama Operasi yang bertugas menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan bantuan angkutan laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Sementara itu Demo Latihan Gabungan Tempur Matra Laut telah melakukan Tactical Floor Game (TFG) yang dipimpin oleh Komandan Satgas Laksma TNI Rahmad Jayadi, M.Tr (Han)., yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Guspurlaarmatim). TFG dihadiri oleh para komandan KRI yang masing-masing didampingi oleh Kepala Departemen Operasi (Kadepops) serta para pilot dan Copilot. Rangkaian kegiatan TFG diawali oleh paparan dari Pusat Hidro-Oceanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) tentang situasi terkini di perairan Banten tempat demo, dan paparan dari syahbandar pelabuahan Indah Kiat dan Merak. Dalam TFG yang berlangsung di Lanal Banten ini, masing-masing kepala bidang (Kabid) terlibat untuk memantapkan skenario latihan yang sudah direncanakan. Bidang yang terlibat dalam demo tempur antara lain bidang UT Udara, demo laut, sailing pass, demo Pasukan Katak, dan pengamanan laut. (Dispen Kolinlamil)


Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando