KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » TNI AL Gelar Upacara Puncak Peringati Hari Jadi Ke-72

TNI AL Gelar Upacara Puncak Peringati Hari Jadi Ke-72

Written By portal komando on 11 Sep 2017 | 5:44 PM



PK,.Jakarta, 11 September 2017 – TNI Angkatan Laut menggelar upacara militer memeringati puncak Hari Jadinya yang Ke-72, pada kegiatan tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R., Senin (11/9) di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara. Hari jadi TNI AL sebetulnya jatuh pada 10 September 2017, dan pada peringatannya tahun ini mengangkat tema “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian”.

Disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakasal Laksdya TNI A. Taufiq R., mengatakan bahwa sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara, yang sadar akan jati dirinya sebagai tentara nasional yang terlahir dari rakyat, TNI AL senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat, berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalannya pembangunan nasional.

“Karena itu sangat tepat, pada peringatan hari jadi tahun ini tema yang diambil adalah bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”, ungkap Kasal dalam amanatnya yang dibaca oleh Laksdya TNI A. Taufiq R.

Lebih lanjut disampaikan dalam amanat Kasal, sejalan dengan visi poros maritim dunia, pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI yang tersebar di seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. “Kebijakan pemerintah ini ditindaklanjuti TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau-pulau terluar dan strategis”, tandasnya.

Pada upacara tersebut dilaksanakan juga penyematan tanda kehormatan “Satyalancana Kesetiaan dan Satyalancana Karya Satya” kepada Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI Angkatan Laut yang berjasa luar biasa menunjukkan kesetiaannya kepada TNI, bangsa dan negara dimana telah melakukan tugas dinas selama 8, 16, 20, dan 24 tahun. Para penerima anugerah tanda kehormata tersebut yaitu, Kapten (Mar) Darwanto di anugerahi Satyalancana Kesetiaan 24 tahun, Serma Nav Iswanto di anugerahi Satyalancana Kesetiaan 16 tahun, Klk Keu M. Mansur di anugerahi Satyalancana Kesetiaan 8 tahun dan Pembina IV/A Fana Kartiko, S.Ag., di anugerahi Satyalancana Karya Satya 20 tahun.

Pada upacara militer yang dilaksanakan di Dermaga Pondok Dayung ini bertindak sebagai Komandan upacara Letkol Laut (P) Boy Yopi Hamel, M.Tr.Hanla., dengan melibatkan pasukan upacara yang terdiri dari satu unit Korsik gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta, kelompok Panji TNI Angkatan Laut, 1 Kompi Perwira yang terdiri Pamen dan Pama gabungan Wilayah Barat, Yon I Gabungan terdiri atas Pomal dan Kowal Wilayah Barat, Yon II Bintara Wilayah Barat, Yon III Tamtama Wilayah Barat, Yon IV Marinir, Yon V Gabungan terdiri dari Puspenerbal dan Dislambair Wilayah Barat, Yon VI Gabungan Passusla Wilayah Barat dan 1 Kompi Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran TNI AL.

Dalam rangkaian Acara Hari Jadi TNI AL juga dimeriahkan pertunjukan sosio drama perjalanan sejarah TNI AL, mulai dari berdiri pada masa perjuangan 1945 sampai dengan saat ini yang dimainkan oleh lebih dari 500 personel prajurit TNI AL, serta anggota Jalasenastri. Dan di diakhir acara dilaksanakan parade serta defile dari pasukan TNI Angkatan Laut.

Turut hadir pada Peringatan Hari Jati Ke-72 TNI AL Para mantan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dari masa ke masa diantaranya Laksamana TNI (Purn) Widodo Adi Sutjipto, Laksamana TNI (Purn) Slamet Soebijanto, Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, M.M., para pejabat utama Mabesal, para pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut, Kepala Dinas di lingkungan Mabesal, serta pejabat terkait lainnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando