PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » TNI AU dan Pemerintah Daerah Bahu-Membahu Membangun Tanah Papua

TNI AU dan Pemerintah Daerah Bahu-Membahu Membangun Tanah Papua

Written By portal komando on 5 Sep 2017 | 3:19 PM



TNI AU Kerahkan Pesawat Hercules C-130 Untuk Mendukung Kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi 2017)

Jayapura.PK,.- Pesparawi yang akan dilaksanakan di Kaimana pada tanggal 7-20 September mendatang. Dalam event akbar ini, akan melibatkan ribuan orang baik peserta, pendukung, official, tamu undangan dan masyarakat umum dari seluruh provinsi Papua. Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang sangat ditunggu tunggu oleh seluruh masyarakat Papua. Stadion Triton Kaimana akan menjadi saksi sejarah pelaksanaan Pesparawi tahun 2017 ini, dan tentunya Pemerintah Daerah Kaimana sebagai tuan rumah sudah siap dalam menyambut tamu dari seluruh provinsi Papua untuk bersatu padu dalam damai, dan bersuka cita dalam pelaksanaan Pesparawi 2017 di kota Senja Kaimana.

TNI AU dalam hal ini tidak mau berpangku tangan, secara aktif TNI AU menyambut baik permohonan dukungan Pemda Kabupaten Lani Jaya, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Biak. Komandan Pangkalan TNI AU Jayapura Kolonel Pnb Erwan Andrian menyampaikan, “Kami mengerahkan pesawat angkut Hercules C-130 untuk mendukung transportasi udara peserta Pesparawi untuk hadir menyemarakkan acara Pesparawi di Kaimana.

” Lebih lanjut disampaikan Danlanud bahwa Operasi yang dilaksanakan dalam mendukung kegiatan Pesparawi ini, adalah salah satu upaya dalam melaksanakan amanat Undang-Undang No.34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia yaitu salah satunya melaksanakan Operasi Militer Selain Perang, dalam hal ini mendukung kebijakan Pemerintah Daerah.

Selain mendukung kebijakan Pemerintah dalam hal seni, sosial dan budaya, TNI AU sebenarnya sejak awal telah berkiprah dalam pembangunan dan pengembangan di wilayah wilayah Pegunungan Tengah. Papua sejak tahun 1970 pesawat Hercules mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan di wilayah Pegunungan tengah Papua melalui Bandar Udara Wamena.

Khususnya pada saat Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang, melebarkan dan mengeraskan landasan agar dapat didarati pesawat berbadan besar. Dalam rangka pembangunan landasan yang menggunakan alat-alat berat, Pemerintah menyerahkan tugas dan tanggung jawab pemindahan alat-alat berat tersebut kepada pihak TNI AU. Peralatan-peralatan besar seperti buldozer dan mesin giling diterjunkan dengan penuh perhitungan dari ketinggian 3000 kaki agar jatuh dekat ke titik lokasi lapangan terbang yang akan dibangun.

Sehingga pada akhirnya lapangan terbang dapat dilandasi oleh pesawat angkut ukuran besar termasuk pesawat Hercules yang sampai saat ini mendukung program Pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan misi kemanusiaan dan mendukung percepatan pembangunan di wilayah Pegunungan Tengah, termasuk pada kesempatan ini, Hercules mendukung mobilisasi personel partisipan event Pesparawi 2017 di Kaimana yang diikuti oleh jemaat gereja seluruh Papua.

Selanjutnya Komandan Lanud Jayapura, juga menyampaikan harapan semoga Pesparawi 2017 dapat berlangsung dengan sukses, lancar dan aman, sehingga tercipta kerukunan umat beragama di tanah Papua yang penuh kedamaian.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando