PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Tour De Moluccass 2017 Ajang Promosi Wisata Maluku

Tour De Moluccass 2017 Ajang Promosi Wisata Maluku

Written By portal komando on 19 Sep 2017 | 8:04 AM



Lomba balap sepeda internasional berbasis pariwisata yang diberi nama Tour De Moluccass secara resmi telah di buka oleh Menteri Pariwisata RI Arif Yahya dan Gubernur Maluku, Said Assagaff di Kota Ambon pada Minggu (17/9/2017) malam.

Sekitar 67 peserta dari 22 Negara telah mengikuti lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas di Provinsi Maluku. Sejauh ini tercatat 14 tim dari 22 negara telah mengirimkan atletnya ke Kota Ambon untuk mengikuti lomba balapan internasional tersebut.

Dalam ajang perlombaan ini, para pebalap sepeda akan melalui lima etape yang berjarak total 714 kilometer, dengan memalui tiga kabupaten di Pulau Seram (Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur) dan Kota Ambon yang merupakan etape terakhir. Ketua Pelaksana Tour de Moluccas, Habiba Saimima mengatakan “ajang ini bukan hanya sekedar ajang balapan tapi juga untuk mempromosikan pariwisata Maluku,” ujarnya.

Rute lomba balap sepeda internasional Tour De Moluccass (TDM) di Pulau Seram, Maluku, yang dijadwalkan mulai 18 hingga 22 September 2017ini dimulai dari etape I, yakni Piru, Ibu Kota Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)-Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah.

Etape III, yakni Pantai Gumamai, SBT-lapangan terbang Wahai, selanjutnya ke Masohi-Kairatu, SBB dan etape IV, yakni Pantai Namalatu, Desa Latuhalat-Passo dengan tujuh putaran dalam kota Ambon. Jadi event internasional yang bertema “The Hidden Paradise Await You” ini peluang untuk mempromosikan potensi pariwisata maupun sektor lainnya yang memiliki keunggulan komparatif baik di Kota Ambon, Kabupaten SBB maupun Maluku Tengah dan SBT.

Pada Kegiatan event internasional Lomba Tour De Moluccass Etape I yaitu Piru – Masohi, wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) juga dilaksanakan aksi penanaman pohon oleh peserta Tour De Moluccass dan peresemian Taman Hutan Kota Piru oleh Wakil Gubenur Maluku Zeth Sahuburua (18/09). Siang Harinya, rombongan dan para peserta Tour De Moluccass menuju titik Start kantor Bupati SBB, melaksanakan Persiapan Peserta Lomba selanjutnya mengisi daftar Peserta.

Wakil Gubernur Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, Bupati SBB Drs. Moh. Yasin Payapo, M.Pd, Kadis Pariwisata Prov. Maluku Vera Tomasoa , Kadiskes Prov. Maluku dr. Meikyal Pontoh, M.Kes dan Wakil Bupati SBB Timotius Akerina, SE. Msi turut melepas Peserta Tour De Molvccas menuju etape berikutnya.

Pada sore hari, hasil perlombaan etape 1 Piru-Masohi Masuk urutan I Mr.Marcus Culey pembalap asal AUS dengan waktu 4 jam 27 menit, urutan II sdr. Jai Crawfa PH (AUS), dan urutan III sdr. Jesse Ewart ( PHI ) di garis finish etape 1 Kantor KPPN Masohi, Jln.Kapitan Pattimura , Kel.Namaelo, Kec.Kota Masohi, Kab. Malteng. Pada pukul 18.00 Wit telah masuk Finish peserta Tour De Molluca secara keseluruhan di etape I. Selanjutnya para peserta yang sudah masuk Finish di etape 1 melaksanakan istirahat di Hotel dan penginapan yang sudah disiapkan. Masyarakat kota masohi dan sekitarnya menyambut dengan penuh antusias beserta membuat pagar hidup oleh para siswa siswi SD , SLTP dan SMU se Kec Kota Masohi dengan melambaikan bendera merah putih saat menyambut peserta Tour De Molluca memasuki garis finish etape 1. (Pendam16)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando