PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Yonif 511/DY Melakukan Pengejaran dan Penangkapan Gerombolan Pengacau di Kec. Kalidawir Tulungagung

Yonif 511/DY Melakukan Pengejaran dan Penangkapan Gerombolan Pengacau di Kec. Kalidawir Tulungagung

Written By portal komando on 23 Sep 2017 | 8:06 AM

PK,.TULUNG AGUNG,.Yonif 511/DY Tulungagung, Sekitar pukul 04.45 WIB(Jum’at,22/9/17) Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha, S.E memerintahkan Wadan Yonif 511/DY Mayor Inf Rayner D.R. Wajong untuk menggerakan Pasukannya di daerah Kec. Kalidawir Kab. Tulungagung karena di daerah tersebut ada gerombolan pengacau keamanan bersenjata yang meresahkan masyarakat, Seketika itu prajurit Badak Hitam dengan sigap yang dipimpin oleh Wadan Yonif 511/DY langsung menuju ke daerah Kalidawir Tulungagung unutk melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap gerombolan bersenjata. Semua itu adalah mekanisme latihan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi (UST KI) yang diselenggarakan oleh Korem 081/DSJ.


Yonif 511/DY dalam program latihan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik dan taktik tempur baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan sehingga mampu melaksanakan tugas secara optimal.

Untuk mengukur kesiapan tempur tingkat kompi senapan dan sekaligus menilai keberhasilan latihan satuan tingkat kompi senapan, yang telah dilaksanakan dalam rangka program latihan, khususnya dibidang teknik dan taktik bertempur, kepemimpinan lapangan, maka dilaksanakan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi (UST KI) dilaksanakan di Kec. Kalidawir Kab. Tulungagung. Latihan UST KI tersebut melibatkan personil Kompi Yonif 511/DY.

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha, S.E selaku Komandan Latihan memberi arahan kepada prajurit. Meskipun cuaca ditempat latihan tidak menentu, prajurit Yonif 511/DY harus tetap semangat melaksanakan semua materi yang di berikan oleh pelatih dan dapat mengatasi serta di lalui dengan medan yang cukup menantang. Materi yang di latihkan dan dilaksanakan antara lain Wadangran, Wadan Jaki, Bak Tis, Car Sih, Gap Gopoh, Dang Gopoh, Pelingkaran, Bak Mortir 60, Sermukim dan semua materi dapat dilaksanakan dengan baik. Latihan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi (UST KI) tersebut dimaksudkan agar seluruh prajurit Yonif 511/DY terlatih dan siap bertempur dalam keadaan dan kondisi medan apapun.

Mayor Inf Rayner D.R. Wajong selaku Kawasdal menyampaikan UST KI ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri, sikap, mental dan disiplin seorang Prajurit. Selain itu latihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan pelaksanaan tupoksi (tugas, pokok dan fungsi) sebagai seorang prajurit tempur. Selain itu kegiatan latihan yang berkesinambungan akan memaksimalkan kemampuan prajurit dalam rangka tugasnya untuk menjaga dan mempertahankan NKRI terhadap ancaman dan gangguan yang dilakukan oleh gerombolan pengacau keamananan bersenjata maupun ancaman dari pihak lainnya, tuturnya.

Sementara itu Kasiopsrem 081/DSJ Mayor Inf Verdy De Irawan juga mengatakan selain sebagai ajang meningkatkan profesionalisme prajurit, latihan UST KI juga untuk membangun komunikasi dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat maka dari itu setelah latihan ini saya perintahkan kepada seluruh prajurit Badak Hitam melaksanakan Karya Bhakti membersihkan lingkungan sekitar Masjid Baitul Salam dan kanan kiri jalan raya di Dsn. Wonosari Ds. Kalibatur Kec. Kalidawir.

Jadi dengan melaksanakan Karya Bakti ini disamping membantu masyarakat, Kita bisa mensukseskan kegiatan Binter Sat Non Kowil Yonif 511/DY sehingga antara TNI dengan masyarakat terjalin suatu keakraban yang erat, terjadi kemanunggalan TNI dengan rakyat yang sejati, ujar Mayor Inf Verdy.

Latihan ini diselenggarakan dengan maksud agar seluruh prajurit mampu dan mahir di dalam Teori dan Taktik pertempuran khususnya tingkat kompi sehingga Prajurit selalu siap di dalam setiap panggilan tugas dimanapun demi keutuhan wilayah NKRI. Selama pelaksanaan latihan harus diikuti dengan sungguh-sungguh dan para prajurit mampu memahami latihan UST KI ini, Semoga dapat bermanfaat dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. (DONI)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando