KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » 54 Tahun Koharmatau .''Menapaki Yogyakarta Sebagai Kota Kelahiran Koharmatau''

54 Tahun Koharmatau .''Menapaki Yogyakarta Sebagai Kota Kelahiran Koharmatau''

Written By portal komando on 25 Okt 2017 | 1:07 PM




PK,.Yogyakarta, (26/10). Meskipun sudah berpuluh-puluh tahun (sejak 1963) bermarkas di kota Bandung, Jawa Barat, namun sejatinya Komando Pemeliharan Materiil TNI AU (Koharmatau) dilahirkan di kota Yogyakarta. Bagaimana bisa Komando Fungsional TNI AU yang saat ini dipimpin oleh Marsekal Muda (Marsda) TNI I. Tryandono dengan tanggung jawab melaksanakan pemeliharaan pesawat-pesawat TNI AU ini lahir di Yogyakarta, sementara markasnya ada di Bandung ?.

Adalah Basir Soerya dan Tjarmadi, dua orang teknisi Angkatan Udara Republik Indonesa (AURI / TNI AU) ini, pada 26 Oktober tahun 1945, di Lanud Maguwo (sekarang Adisutjipto) Yogyakarta berhasil melakukan perbaikan tiga pesawat Chureng peninggalan tentara Jepang. 

Dari upaya kedua teknisi AURI yang ketika itu bertugas melaksanakan kegiatan bantuan pemeliharaan lapangan udara (Banharlap), telah membuahkan hasil, dimana salah satu dari pesawat tersebut akhirnya berhasil diterbangkan oleh pilot AURI, Agustinus .Adisutjipto di atas Yogyakarta. Melalui ketetapan Kepala Staf TNI AU (Kasau) akhirnya tanggal 26 Oktober ditetapkan sebagai hari ulang tahun Koharmatau yang diperingati setiap tahunnya.

Penerbangan pesawat Chureng yang telah diberi identitas bendera merah putih tersebut berlangsung pada 28 Oktober 1945, di atas alun-alun utara Yogyakarta dimana di tempat tersebut sedang dilakukan rapat raksasa dalam rangka konggres pemuda Indonesia yang dihadiri Presiden Sukarno dan Raja Yogyakarta Sri Sulan Hamengkubuono IX. Peristiwa tersebut kemudian menjadi tonggak sejarah penerbangan Indonesia.

Dalam HUT ke-54 Koharmatau tahun ini, selain melaksanakan upacara militer dengan Inspektur Upacara (Irup) Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, juga diramaikan dengan teatrikal yang menggambarkan kegiatan Banharlap oleh para teknisi tempo dulu. Selain itu, ada display inovatif dan heritage Koharmatau.

Untuk kegiatan demonstrasi udara, dimeriahkan dengan flypast pesawat latih Grob dan KT-1 wong bee serta pesawat latih tempur T-50i golden eagle. Pesawat yang tampil berjumlah 14 pesawat Grob, 6 pesawat KT-1 wong bee dan 4 pesawat T-50i golden eagle.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando