Home » » Babinsa Kamal Jadi Juri Lomba Pramuka Pramuka di SMAN 1 Kamal

Babinsa Kamal Jadi Juri Lomba Pramuka Pramuka di SMAN 1 Kamal

Written By portal komando on 30 Okt 2017 | 9:58 AM


Bangkalan,- Danramil 0829/03 Kamal Kapten Inf Windoko perintahkan Pelda Jainur Rofik dan Serda Buang, bersama jajaran pengurus Pramuka Kwartir Ranting Kamal menjadi lomba pramuka tingkat Kwaran di lapangan Pramuka di SMAN 1 Kamal Kab. Bangkalan, Minggu (29/10/2017)

Lomba yang akan dilaksanakan selama dua hari Sabtu dan Minggu, akan membentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Menurut Danramil 0829/03 Kamal Kapten Inf Windoko menyampaikan, bahwa Gerakan Pramuka dengan kode kehormatannya satya dan dharma pramuka merupakan mutiara, sumber lahirnya nilai karakter positif yang mampu menempatkan pribadinya sebagai insan Indonesia yang seutuhnya.

"Pembinaan pramuka merupakan stake holder pendidikan kepramukaan hendaknya memahami bahwa praktek penghayatan melalui kegiatan renungan dan ulang janji merupakan satu hal yang paling inti dan sakral, karena inilah awal yang menentukan keberhasilan dalam rangka pembentukan karakter pendidikan budaya dan karakter bangsa yang bersumber pada Agama, Pancasila dan UUD 1945," tegas Danramil.

Selain itu, kata Danramil pendidikan pramuka dapat membentuk sifat dan perilaku yang religius, patuh dalam melaksanakan ajaran agama serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain, jujur berperilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya.

"Jika dicermati baik-baik, maka nilai tersebut juga merupakan penghayatan pengamalan dari satya dan dharma pramuka. Maka dari itu jelaslah bahwa pendidikan kepramukaan apabila kita laksanakan dengan sungguh-sungguh maka diharapkan budaya dan karakter serta jati diri bangsa akan tetap terpelihara," pungkas Danramil
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando