Home » » Babinsa Koramil 15/Karangpucung Melakukan Pendampingan Pertanian

Babinsa Koramil 15/Karangpucung Melakukan Pendampingan Pertanian

Written By portal komando on 14 Okt 2017 | 8:18 AM


Cilacap - Babinsa Koramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap, Serda Harih Suwargi melakukan pendampingan tanam kedelai bersama bertempat di Dusun Kawungcarang, RT. 01 RW. 06, Desa Pangawaren, Kecamatan Karangpucung, Jumat (13/10).

Menanam kedelai dengan  jenis Gerobogan ini ditanam di atas lahan seluas 20 hektare milik kelompok tani "Margo Mulyo". 
 
Sutiyo, ketua kelompok tani Margo Mulyo yang juga pemilik lahan tersebut  menyampaikan terimakasih kepada Babinsa Koramil 15/Karangpucung dan PPL Kecamatan Karangpucung.
 
"Kami merasa senang karena bapak-bapak Babinsa dan PPL selalu mendampingi kami dalam bertani, semoga dengan bimbingan dari PPL dan Babinsa hasil pertanian kami semakin meningkat." ujarnya.

Pada kesempatannya Babinsa, Serda Harih mengatakan, walaupun sekarang sudah musim hujan dan sawah sudah mulai ditanami padi namun penanaman kedelai tetap dilaksanakan dilahan yang kosong ini, sehingga produksi kedelai tetap bisa dihasilkan walaupun pada musim hujan.

Untuk meningkatkan produksi pertanian, kita harus terjun ke areal persawahan, ke kebun-kebun bersama rakyat demi terwujudnya swasembada pangan." Ujar Babinsa. Keikutsertaan TNI dalam program tersebut untuk mendorong dan memotivasi masyarakat agar lebih giat dalam meningkatkan hasil panen yang dicapai dan taraf hidup kesejahteraan dapat tercapai," tandas Serda Harih.

Motivasi dari para petani dan semangat untuk saling koordinasi serta sinergitas antara Dinas pertanian dengan Kodim 0703/Cilacap, dalam hal ini para Babinsa dan PPL sangatlah penting guna memperoleh hasil panen yang baik serta berkualitas.

Selain itu, di tempat terpisah Babinsa Koramil 15/Karangpucung Sertu Moch. Ismail bersama Serda Moch. Ali Muchtar juga melakukan pendampingan pembagian benih padi bertempat di Dusun Cijoho, Desa Tayem, Kecamatan Karangpucung.
Benih padi yang diserahkan kepada Kelompok tani Desa Tayem Wina Rahayu varietas IR 65 dan varietas Ciherang sebanyak 625 kilogram.

Menurut Sertu Moch. Ismail,  "Program pemerintah Tahun 2017, bantuan benih padi yang diserahkan saat ini agar ditanam dengan menggunakan sistem Jajar Legowo (Jarwo) dan selalu dilakukan pendampingan dalam perawatannya agar tidak mudah terserang oleh hama, sehingga hasil panen akan meningkat. (Pendim.Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando