KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Dandim 0824 Apresiasi Kerja Keras Semua Pihak Yang Terlibat Pada Upaya Pencarian Korban Tanah Longsor Di Ds Jambesari Jember

Dandim 0824 Apresiasi Kerja Keras Semua Pihak Yang Terlibat Pada Upaya Pencarian Korban Tanah Longsor Di Ds Jambesari Jember

Written By portal komando on 19 Okt 2017 | 11:56 AM


Jember. Kejadian bencana tanah longsor dan kejadian bencana-bencana yang lain yang sudah terjadi selama ini diberbagai tempat tentunya memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya karena dalam setiap kejadian tentunya memiliki perbedaan tempat, karakter dan kondisi lapangan lainnya.

Demikian halnya pada upaya tanggap darurat dalam pencarian korban bencana tanah longsor di Ds Jambesari Kec Sumberbaru Kab Jember, terkait kegiatan yang dilakukan pada Selasa 17/10/2017 hingga Rabu 18/10/2017, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto pada Kamis 19/10/2017 Pukul 07.00 Wib menyikapi jalannya proses pencarian korban menyampaikan salut dan apresiasi kepada kerja keras semua pihak yang terlibat baik TNI, Polri, BASARNAS/BNPP, BPBD, PMI dan relawan lainnya.

Kita turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas adanya korban meninggal pada bencana tanah longsor di Ds Jambesari, serta keprihatinan kita pada korban yang selamat, semoga kedepan kita semua dihindarkan dari segala musibah dan bencana alam, proses pengangkatan jenazah korban dari diketemukan anaknya sekitar pukul 10.00 Wib hingga dapat diketemukan semua pukul 14.30 Wib.

Ada.beberapa catatan yang dapat kita jadikan hikmah dibalik upaya pencarian korban diabtaranya : Interoperability sangat menentukan dlm pelaksanaan kegiatan di lapangan, alat komunikasi yg menghuhungkan seluruh stake holder yg terlibat (BASARNAS/BNPP harus menyediakan alat komunikasi yang memadai untuk digunakan saat pencarian dan pemberian pertolongan korban bencana).

Kemudian Pengetahuan contour tanah, arah pergerakan longsor dan kondisi rumah sangat menentukan penentuan kemungkinan lokasi korban, Pengetahuan kondisi tanah, kondisi alat berat, kelihaian operator alat berat, disiplin dan konsentrasi sangat menentukan kecepatan penggalian.

Selanjutnya Pengetahuan perlakuan mayat, pemakaian sarung tangan lateks, kekompakan dlm penggalian dan pengangkatan, kesabaran dan konsentrasi dalam proses penggalian sangat menentukan dalam proses akhir penggalian jenazah.

Meskipun kita sangat tidak berharap terjadinya bencana apapun disekitar kita, namun hal tersebut memberikan pengalaman dan pembelajaran semua pihak dalam melakukan langkah tanggap darurat sehingga benar-benar menuai hasil kegiatan yang diharapkan.

Sekali lagi saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kebersamaan, kekompakan kita dalam melakukan upaya pencarian korban bencana selama 2 hari ini, bahkan kepada semua masyarakat tentunya berkat doa dari semuanya kuta diberikan kelancaran dalam upaya pencarian korban. Tegas Letkol Inf Rudianto.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando