Home » » Dandim 0824 : “Selamat Hari Sumpah Pemuda” Pemuda Adalah Aset Strategis Bangsa Indonesia

Dandim 0824 : “Selamat Hari Sumpah Pemuda” Pemuda Adalah Aset Strategis Bangsa Indonesia

Written By portal komando on 28 Okt 2017 | 1:23 PM

PK,.Jember. Bertempat di Alun-alun Jember pada Sabtu 28/10/2017 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 89 dengan Inspektur Upacara Bupati Jember dr Hj Faida, MMR.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Wakil Bupati Jember Drs A Muqid Arif, Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Dansat TNI se Kab Jember, Para Kepala OPD Kab Jember, Rektor PTN/PTS Sekab Jember, Persit KCK serta PKK.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Syamsul Hadi (FKPPI),Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibraka), Pembaca Pembukaan UUD 1945 Zainul Arifin (IARMI), Pembaca Keputusan Kongres Pemuda Fitra Rasyid (HMI), Pembaca Do’a Ahmad Hari Hidayatullah (PMII) dan pasukan upacara dari anggota organisasi pemuda se Kab Jember diantaranya : FKPPI, PPM, KNPI, HMI, IMM, IARMI, IPNU, GANN, HIPMI, AMPI, PMKRI, GMNI, PMII dan lain-lain.

Selaku Inspektur Upacara Bupati Jember membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olah Raga dengan tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu” yang intinya menyampaikan bahwa pada 89 tahun yang lalu para pemuda dari berbagai penjuru tanah air menyatukan diri melaksakan kongres dan mengikrarkan ‘Sumpah Pemuda” yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah Bangsa Indonesia.

Arena konggres yang dihadiri oleh pemuda lintas suku, lintas agama dan lintas daerah tersebut benar-benar mampu melahirkan ikrar yang mendasari perjuangan selanjutnya Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya saat itu, 17 tahun kemudian baru berhasil memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.

Dengan berbagai kesulitannya baik keterbatasan transportasi, keterbatasan alat komunikasi dan lain-lain tetapi dengan semangat para pemuda dari berbagai tempat tersebut mampu berkumpul disatu tempat demi kepentingan Bangsa Indonesia, mereka rukun bersatu sehingga mampu membulatkan tekad perjuangannya, hingga Bung Karno pun menyampaikan pesannya “Jangan Kau Warisi Abu Sumpah Pemuda, Tapi Warisilah Api Sumpah Pemuda”.

Di akhir amanatnya Menteri Pemuda dan Olah Raga mengajak semua pihak untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, stop berbagai bentuk perdebatan yang memicu timbulnya perpecahan, mari kita melangkah maju untuk mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Usai acara Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto saat dimintai tanggapannya terkait Hari Sumpah Pemuda ini menyampaikan yang pertama “Selamat Hari Sumpah Pemuda” dibeberapa kesempatan sudah saya sampaikan bahwa pemuda adalah aset strategis Bangsa Indonesia yang harus selalu kita kawal dan kita jaga.

Karena ditangan merekalah nantinya masa depan Bangsa Indonesia ini, untukk itu saya berharap kepada para generasi muda untuk bangkit, yang pelajar dan mahasiswa belajarlah dengan rajin dan tekun, serap dan kuasi ilmu pengetahuan untuk bekalnya nanti, bagi pemuda mari kita isi kemerdekaan ini dengan menjalan bidang profesi masing-masing secara baik dan benar demi Bangsa dan Negara Indonesia.

Saat ditanyakan apa yang sudah dilakukan oleh Kodim 0824 dalam pembinaan generasi muda, Letkol Inf Rudianto menyatakan bahwa tanggungjawab pembinaan generasi muda adalah tanggung jawab kita semua, namun Kodim 0824 serta jajaran TNI lainnya juga telah melakukan pembinaan-pembinaan diantaranya melalui Pramuka Saka Wira Kartika, Pemberian materi wawasan kebangsaan disekolah-sekolah dan kampus dan lain-lain dalam rangka membekali generasi kita. (sis24)

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando