KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Danramil 04/Binangun Ajak Warga Rembug Lahan Untuk Tanam Rumput Gajah

Danramil 04/Binangun Ajak Warga Rembug Lahan Untuk Tanam Rumput Gajah

Written By portal komando on 24 Okt 2017 | 9:19 AM

Cilacap - Komandan Koramil 04/Binangun Kapten Inf Tugirun rembug bareng  Kelompok  ternak Sapi Desa Widarapayung Kulon di lokasi UPPO Kodim 0703/Cilacap, Desa Widarapayung Kulon, Kecamatan Binangun, Senin (23/10) malam.

Guna meningkatkan usaha masyarakat dalam mengembangkan populasi ternak sapi dan upaya menambah nilai pendapatan ekonomi rumah tangga, disisi lain adalah untuk meningkatkan produksi ternak sapi guna kestabilan dalam menjaga ketahanan pangan yang di programkan Pemerintahan sekarang ini, khususnya diwilayah Koramil 04/Binangun, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatannya, Danramil 04/Binangun, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. Tugirun menyampaikan kepada kelompok ternak sapi “Subur Makmur” Desa Widarapayung Kulon dengan pengembangan pemeliharaan ternak dengan baik, pakan tercukupi dan tempat kandang yang bersih.

Dalam hal ini, Daramil mengajak kepada warga merembug   penyediaan lahan untuk penanaman rumput gajah.
 
Diperoleh keterangan dilapangan bahwa, selama ini petani banyak menggunakan pupuk berbahan kimia, sehingga mengakibatkan tidak stabilnya kesuburan tanah itu sendiri, dan kegiatan UPPO diharapkan mampu menjawab tentang bagaimana upaya untuk menstabilkan kesuburan tanah, terutama di tanah atau lahan pertanian.

Disiapkan sarana penunjang utama yang sangat penting, yaitu rumput gajah yang untuk sementara di tanam di tanggul lahan pertanian, dan penanaman rumput gajah tersebut akan berlanjut di tanah TNI AD di Desa Widarapayung Kulon, Kecamatan Binangun."Kata Kapten Tugirun, Senin (23/10) malam.

"Ketahanan rumput gajah dari cuaca panas adalah kelebihan yang jarang di dapat dari tanaman sejenis lain.
 
Rumput gajah membutuhkan waktu 60 hari saja agar bisa di panen dan dijadikan pakan ternak sapi. Waktu sekitar dua bulan tersebut akan efektif jika rumput gajah cukup dalam air dan nutrisi. 

Jika kita menernak sapi memiliki lahan yang kurang produktif, rumput gajah bisa dijadikan alternatif agar lahan yang tidak produktif tersebut menjadi produktif. Rumput Gajah membutuhkan Sinar matahari penuh. Rumput ini dapat tumbuh di daerah dengan miskin nutrisi." Ujarnya. (Pendim.Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando