PERTAHANAN DAN KEAMANAN

PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Home » » Danramil 06/Kesugihan Sigap, Terjunkan Anggota Atasi Tanah Longsor

Danramil 06/Kesugihan Sigap, Terjunkan Anggota Atasi Tanah Longsor

Written By portal komando on 10 Okt 2017 | 11:49 AM


PK,.Cilacap - Bencana tanah longsor akibat dari ekstrimnya cuaca akhir-akhir  ini terus mengancam. Kali ini, musibah menerjang Desa Ciwuni, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap.

Dalam rilis Danramil 06/Kesugihan, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf Agus Sudarso membenarkan, bahwa tebing di belakang rumah Imron sekitar pukul 07.30 WIB, Senin (10/10) tiba-tiba longsor dan menjebol tembok rumah. Beruntung dalam peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa, Selasa (10/10).
 
Menurut pemilik rumah, Imron (50) Desa Ciwuni, Kecamatan Kesugihan,
tanah longsor terjadi sekitar pukul 07. 30 WIB dan menimpa rumahnya, awal mula sekitar pukul 05.00 WIB saya mendengar suara gemretak di belakang rumah, kemudian pemilik rumah keluar dan melihat, ternyata tebing tinggi dibelakang rumah longsor, kemudian Imron mengungsikan istri dan anaknya ke tetangga takut tanahnya longsor susulan, ternyata benar sekitar pukul 07.30 WIB tebing dibelakang rumahnya longsor menerjang dan menjebol tembok belakang rumah," tuturbya.

Mendengar laporan dari warga, sejumlah anggota Koramil 06/Kesugihan yang dipimpin langsung Bati Tuud Koramil 06/Kesugihan, Pelda Wagiran segera bertindak cepat. Mendengar adanya peristiwa tanah longsor ini, Koramil 06/Kesugihan langsung terjun lokasi longsor.
 
Menurut Pelda Wagiran, "Dengan dibantu perangkat dan warga sekitar, mereka menyingkirkan tanah material longsor yang menjebol tembok rumah." Begitu mendengar adanya bencana longsor, saya diperintah Danramil bersama anggota segera menuju lokasi dan menggelar karya bhakti menyingkirkan timbunan tanah, "terang Pelda Wagiran
 
Ditambahkan, kejadian tanah longsor sendiri dipicu dari hujan deras yang terjadi sejak siang hingga sore. Pihaknya  juga menghimbau bagi warga yang tinggal di daerah rawan longsor agar tetap waspada.
 
"Cuaca saat ini cukup ekstrim. Warga harus tetap waspada tapi jangan panik. Lihat perkembangan disekitar kita. Amati jika ada rekahan tanah atau pohon yang miring waspadai itu semua, "tandasnya. Selain itu, Pelda Wagiran juga meminta warga di Desa Ciwuni dan sekitarnya untuk aktif menjaga alam dengan tidak menebang pohon sembarangan.
 
"Salah satu cara melindungi alam adalah dengan menanam pohon di tempat – tempat yang memiliki tingkat kemiringan tinggi. Dan jangan menebang pohon secara sembarangan," (Pendim.Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando