Home » » Danramil 09/Kawunganten Pimpin Gropyok Tikus Secara Massal

Danramil 09/Kawunganten Pimpin Gropyok Tikus Secara Massal

Written By portal komando on 30 Okt 2017 | 8:35 AM

Cilacap - Tikus sawah adalah salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan para petani. Hal tersebut dikatakan Danramil 09/Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf. S.U Suwarjono saat memimpin gropyok hama tikus di Desa Bulaksari, Kecamatan Bantarsari, Minggu (29/10).

Lebih lanjut Kapten Inf. S.U Suwarjono mengatakan,"Meningkatnya luas serangan hama tikus juga dapat disebabkan oleh karena tidak adanya antisipasi berupa gerakan masal intensif pembersihan lahan dan pengemposan lubang-lubang tikus sebelum tanam , selain itu kebanyakan petani terburu waktu untuk segera tanam padi kembali dan tidak memberikan jeda waktu untuk melakukan gerakan masal secara serentak dalam mengantisipasi hama tikus.

Dengan latar belakang di atas antara lain menjadi dasar Petugas Penyuluh lapangan (PPL), Babinsa bersama Kelompok tani serta masyarakat agar dalam memasuki musim tanam di bulan Oktober 2017 serangan hama tikus dapat terkendali, maka dari itu perlu inisiatif melakukan gerakan masal intensif pembersihan lahan dan pengemposan lubang-lubang tikus sebelum musim tanam,” kata Danramil.

"Dengan adanya pengendalian hama tikus ini juga diharapkan akan menekan populasi tikus dimasa tanam mendatang.
 
Tentunya masyarakat juga berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dan dilaksanakan dengan sepenuh hati agar pada musim panen mendatang hasil yang diperoleh meningkat dan lebih baik lagi." Pungkasnya. (Srd.Sty)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando