Home » » Festival Iman Dan Budaya Malamoi-Malamoi Faith & Festival Culture 2017

Festival Iman Dan Budaya Malamoi-Malamoi Faith & Festival Culture 2017

Written By portal komando on 28 Okt 2017 | 8:16 AM

Sorong, Jumat (27/10/17) - Komandan Kodim 1704/Sorong Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean S.IP menghadiri acara “Festival Iman dan Budaya Malamoi–Malamoi Faith & Festival Culture 2017”. Betempat di Alun-alun Aimas Kab Sorong.

Suku Moi adalah salah satu suku asli yang mendiami wilayah tanah Papua. Suku Moi ini berada di kepala burung tanah Papua, tepatnya di Sorong. Indonesia yang mempunyai keberagaman budaya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, salah satu budaya yang dikenal adalah budaya dari suku Moi. Sebenarnya suku ini bernama Malamoi, namun seringkali hanya disebut Moi. Mala mempunyai arti gunung atau dataran luas dan Moi berarti halus atau lembut. Dengan keberagaman budaya yang ada di suku Moi ini.

Puncak pembukaan Malamoi Faith & Festival Culture 2017 ini berlangsung di Alun-alun Kota Baru Aimas Kabupaten Sorong. Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Mohamad Lakotani SH M.Si secara resmi membuka Festival Iman & Budaya Malamoi 2017, ditandai dengan pemasangan obor yang berbentuk sagu. Festival ini bertepatan dengan 90 tahun injil masuk di tanah Moi. 
 
Pemasangan obor tersebut, Wagub Papua Barat didampingi Perwakilan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia serta Bupati Kabupaten Sorong Dr Johny Kamuru SH M.Si. Dalam sambutannya Mohamad Lakotani SH M.Si mengatakan agar jangan melupakan budaya yang ada."Dengan adanya nilai-nilai budaya itu, maka acara ini mempunyai arti dan nilai-nilai yang penting. Sehingga generasi muda atau generasi penerus kita itu tahu, bahwa kita orang Malamoi punya adat dan budaya yang besar. Adat dan budaya ini harus di jaga serta dilestarikan. Karena kalau kita tidak jaga, maka suatu hari kelak adat dan budaya Malamoi hanya akan tinggal cerita”, ujar Mohamad Lakotani SH M.Si. 

Wagub Papua Barat ini juga menyampaikan bahwa tugas untuk menjaga, melestarikan, mengangkat adat budaya ini, tidak semata-mata tugas pemerintah. 
 
Namun semua itu adalah tugas bersama. Sementara pada kesempatan yang sama Bupati Kabupaten Sorong Dr Johny Kamuru SH M.Si juga mengatakan bahwa event ini belum pernah terjadi dan saat ini pertama kali diselenggarakan. "Saya berharap agar tahun-tahun yang akan datang, event ini akan terus dilaksanakan dan lebih meriah dari saat ini" imbuhnya. Turut hadir dalam festival iman dan budaya Malamoi 2017 ini, diantaranya: anggota DPR RI Michael Watimena, anggota DPD RI Jacob Komigi, Wadan Lantamal XIV Kolonel Marinir Anif Hidayat, Kapolres Sorong AKBP Dewa Made Sidang Suratna S.Ik, tokoh adat Malamoi Marthen Suu, Ketua LMA Malamoi Silas Ongen Kalami, pejabat TNI-Polri, pejabat Pemerintah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat Malamoi dan masyarakat sekitar.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando