KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Hut Koharmatau, Kasau : "SDM Koharmatau Tidak Kalah Dengan Negara Lain"

Hut Koharmatau, Kasau : "SDM Koharmatau Tidak Kalah Dengan Negara Lain"

Written By portal komando on 26 Okt 2017 | 12:47 PM

Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, saat naik pesawat legendaris Cureng, usai upacara HUT Ke-54 Koharmatau
Yogyakarta,PK-Komando Pemeliharaan Materiel TNI AU (Koharmatau) menggelar puncak peringatan Hari Ulang Tahun yang dipusatkan di Lanud Adisutjipto, Kamis (26/10). Pertama kali rangkaian acara HUT ke-54 dilaksanakan di Yogyakarta, yang sebelumnya selalu digelar di Bandung. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Koharmatau dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.bertempat di hangar 3 Skatek 043 Lanud Adisutjipto yang sehari sebelumnya digelar acara sambung rasa di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala.

Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. dalam sambutanya menyampaikan, bahwa Sesuai fungsinya, Koharmatau bertugas melaksanakan pemeliharaan alutsista dan non alutsista sampai dengan tingkat berat dan produksi materiil TNI Angkatan Udara.

"Selain itu Koharmatau berfungsi menyelenggarakan pembinaan peralatan bengkel dan produksi serta publikasi teknik, menjadikan Koharmatau memiliki peran yang sangat strategis, karena untuk mewujudkan TNI Angkatan Udara yang handal dan profesional, perlu didukung oleh sistem pemeliharaan yang baik dan benar" tutur Kasau.

Lebih lanjut Kasau mengatakan sumber daya yang dimiliki oleh jajaran Koharmatau, tentunya banyak potensi yang dapat dikembangkan secara mandiri.

Hal ini terbukti dengan beberapa terobosan guna meningkatkan kemampuan dalam kegiatan modifikasi, rancang bangun peralatan dan persenjataan yang sangat bermanfaat, bagi modernisasi alutsista TNI Angkatan Udara.

 “Disamping itu, ada tantangan besar yang harus kita jadikan sebagai pemacu semangat diantaranya, apakah bisa pemeliharaan pesawat TNI Angkatan Udara yang dilaksanakan  di Negara lain dipindah di Koharmatau. Apakah bisa pesawat yang dimiliki Negara lain dilaksanakan perawatannya di Koharmatau.

Dua pertanyaan ini mudah mudahan bisa dijadikan pemacu semangat bagi kita semua, karena secara kualitas dan sumber daya yang dimiliki, Koharmatau tidak kalah dengan negara lain dan saya memiliki keyakinan kalau kita mampu melakukan hal tersebut, tinggal mau atau tidak,” pungkasnya

Menurut Kapentak Lanud Adisutjipto, Letkol Sus Gyanto menambahkan, usai upacara akan ditampilkan Tarian Kolosal yang menggambarkan kegiatan Bantuan pemeliharaan Lapangan (Bengharlap) yang dilakukan Basir Surya yaitu memperbaiki pesawat Chureng peninggalan Jepang di Lapangan Maguwo pada tanggal 26 Oktober 1945.

Selain itu pada kegiatan tersebut juga ditampilkan pameran atau display kemampuan Koharmatau berupa berbagai karya inovatif dari masing-masing Depohar jajaran Koharmatau serta display Heritage Koharmatau. "Selain itu atraksi yang tidak kalah menariknya barbagai fly pass dari pesawat Grob, Jupiter, dan Pesawat tempur T50 dari Iswahyudi Madiun" ujar Myr  Giyanto

Sebelumnya, sambung dia,  Rabu malam (25/10), juga digelar acara sambung rasa di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang dihadiri oleh Kasau, para pejabat TNI AU, para pejabat Koharmatau, para sesepuh dan senior Koharmatau serta Taruna AAU.

Pada acara tersebut digelar talk show dengan nara sumber tehnisi generasi 1945 dan tehnisi tahun 1960. "Hal ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi para sesepuh tehnisi dengan tehnisi generasi muda saat ini serta berbagi pengalaman heroik sehingga menumbuhkan semangat para tehnisi generasi saat ini" papar Kapentak.(AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando