KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » KASAL BERI KULIAH UMUM DI UGM

KASAL BERI KULIAH UMUM DI UGM

Written By portal komando on 27 Okt 2017 | 8:14 AM


PK,.Yogyakarta, 26 Oktober 2017 -- Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., memberikan kuliah umum di Universitas Gajah Mada dengan tema “Meneguhkan Kedaulatan dan Menuai Kemakmuran di Laut Nusantara”, bertempat di Gedung Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Kamis(26/10).

Kehadiran orang nomor satu di Angkatan Laut ini, disambut oleh ratusan Mahasiswa Fakultas Teknik dan tentunya kuliah umum oleh Kasal ini menarik minat para mahasiswa untuk hadir mendengarkan sekaligus berdiskusi langsung dengan Kasal.

Dalam paparanya Kasal menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang dimana sekitar 50% komoditi perdagangan dunia dan 30% minyak dunia dihantar ke kawasan Asia Timur melalui perairan Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia, untuk dapat mengelola kekayaan alam dan posisi strategis yang ada dengan baik demi kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia. Disini TNI Angkatan Laut bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

“Untuk itu aspek pertahanan laut tidak hanya terletak pada kemampuan alat perang yang dimiliki tetapi juga daya dukung wilayah. Salah satu daya dukung yang sangat vital bagi pelaksanaan tugas tersebut adalah melakukan survei Hidro-Oseanografi dan pemetaan laut”, kata Kasal.

Lebih lanjut kata Kasal, Hidrografi dan geodesi merupakan bidang penting yang diperlukan untuk menata ruang wilayah nasional. Oleh karena itu, perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan bidang geodesi seperti Universitas Gadjah Mada dapat menjalin kerja sama dengan Pushidrosal untuk berbagi ilmu pengetahuan dan bertukar pengalaman pada bidang masing-masing agar saling melengkapi dan bersinergi mendorong pembangunan ekonomi nasional.

Pada kesempatan ini Rektor UGM mengucapakan terima kasih kepada Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., atas kehadirannya sekaligus dilaksanakan penukaran cinderamata.

Kegiatan ini turut dihadiri Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.H., M.H., Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd., serta para Dekan dan Dosen UGM
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando