KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA

KAMI TENTARA REPUBLIK INDONESIA AKAN TIMBUL & TENGGELAM BERSAMA NEGARA
Home » » Koarmabar Laksanakan Upacara Peringatan HUT Ke-72 TNI

Koarmabar Laksanakan Upacara Peringatan HUT Ke-72 TNI

Written By portal komando on 6 Okt 2017 | 10:44 AM




Keterangan Gambar Upacara HUT ke-72 TNI: Kasarmabar melaksanakan pemeriksaan pasukan upacara HUT ke-72 TNI di Lapangan Arafuru, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Kamis (5/10).

 
Jakarta, 5 Oktober 2017,- Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Barat (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., mewakili Panglima Koarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos.,bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2017 di Lapangan Arafuru, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Kamis (5/10).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dalam amanatnya yang dibacakan Kasarmabar mengatakan bahwa memperingati Hari Jadi ke-72 TNI yang dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit maupun Alutsista TNI. Hali ini sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku Panglima Tertinggi dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan Alutsista TNI termasuk yang terbaru dan performa prajurit TNI, sehingga bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara langsung, sebagai komponen utama pertahanan negara.

“Bersama Rakyat TNI Kuat” menjadi tema yang diangkat sebagai semangat pada kegiatan HUT ke-72 kali ini. Tema tersebut mengandung makna TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat. Ini sebagai esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang dianut. Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas OMSP, berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi penggilan tugas.

Setiap Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntuy mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat harus senantiasa dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang. Implementasinya, prajurit TNI harus selalu menjadi suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaat terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku dimanapun prajurit TNI berada dan bertugas.

Selanjutnya, dari semua prestasi tersebut tentu berdampak pada terpeliharanya opini masyarakat terhadap pengabdian TNI. Karenanya tidak diragukan lagi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini publik tetap menilai bahwa TNI merupakan institusi yang paling dipercaya. Survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) bahwa masyarakat menilai TNI sebagai instusi paling solid dan terpercaya konsisi seperti ini tentunya hasil kinerja estafet yang diukir oleh pimpinan TNI dan Pejuang TNI yang dengan gigih dan sungguh mereformasi TNI yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Upacara peringatan HUT ke-72 TNI ini diikuti para Pejabat Utama Koarmabar, para Komandan Satuan Jajaran Koarmabar, seluruh prajurit militer maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) Koarmabar.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando