Home » » Koarmatim Kobarkan Semangat Di Hari Sumpah Pemuda

Koarmatim Kobarkan Semangat Di Hari Sumpah Pemuda

Written By portal komando on 28 Okt 2017 | 1:36 PM


PK,.Surabaya, 28 Oktober 2017,.Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., tepat di tanggal 28 Oktober memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan upacara militer bersama seluruh prajurit di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Sabtu, (28/10/2017).

Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Bapak Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Pangarmatim menyampaikan, Delapan puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di jalan kramat raya, daerah kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu, Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah Bangsa Indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945.

“Kita tentu patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Bandingkan dengan era sekarang. Hari ini sarana transportasi umum sangat mudah untuk menjangkau ujung timur dan barat Indonesia hanya dibutuhkan waktu beberapa jam saja untuk dapat berkomunikasi dengan pemuda di pelosok­pelosok negeri ini, cukup dengan meggunakan alat komunikasi, tidak perlu menunggu datangnya tukang pos hingga berbulan-bulan lamanya. Interaksi sosial dapat dilakukan 24 jam, kapanpun dan di manapun”, ungkapnya.

Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan: ''Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. tapi ini bukan tujuan akhir.''

Pesan Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. 
 
Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.Hadir dalam upacara tersebut, Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Roberth W. Tappangan, S.H., Komandan Guspurlatim Laksma TNI Rachmad Jayadi, M.Tr (Han)., Irarmatim Kolonel Laut (T) Amrein, Para Asisten Pangarmatim, Para Sahli Pangarmatim, Para Kasatker Koarmatim, dan Para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim serta Para Komandan KRI yang berada di Pangkalan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando