Home » » Kodim 0731 Kulon Progo Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017.

Kodim 0731 Kulon Progo Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017.

Written By portal komando on 2 Okt 2017 | 7:43 AM

PK,.Yogya Barat. Bertempat di halaman Mako, Kodim 0731 Kulon Progo, Minggu (01/10/17) telah berlangsung Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila Tahun 2017, yang diikuti 150 personil prajurit, gabungan Anggota Kodim 0731/ Kulon Progo, Kanminvetcad IV/ 17 dan ASN dilingkungan Kodim.

Upacara dipimpin langsung oleh,Letkol Arm Teguh Tri Prihanto U, S.Sos., MM (Dandim 0731/ selaku Inspektur Upacara). Dengan Komandan Upacara, Kapten Inf Nurhadi Wijaya (Danramil 06/ Nanggulan), dan Perwira Upacara, Kapten Inf Wiyono (Pasi Ter Kodim 0731/Klp). Serta Pembaca UUD 1945, Kapten Inf M Berhen (Pasi Ops Kodim 0731/ Klp). Untuk Pembaca Ikrar dibacakan, Kapten Inf Boman (Danramil 05/ Samigaluh).

Pada amanat Upacara, Inspektur Upacara menitik beratkan pada, bahwa bangsa Indonesia memiliki kepribadian yang berlandaskan Pancasila,sehingga dihormati dan disegani oleh bangsa lain. "Pancasila tidak sekadar slogan, tetapi harus dipraktikkan. Pancasila akan menjadi sakti kalau Pancasila jadi kepribadian bangsa" tegas Dandim Kulon Progo, Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman, S.Sos. MM.

Namun demikian, terkadang suatu teori atau konsep sangat bertentangan dengan prakteknya secara nyata.
 
Di mana nilai-nilai luhur Pancasila telah ternoda oleh perilaku KKN, pelanggaran Hak Asasi Manusia, usaha disintegrasi bangsa, mementingkan kelompok, serta pelanggaran terhadap keadilan sosial masyarakat.

Untuk itulah, pembangunan terhadap kepribadian bangsa sudah menjadi harga mati pada saat ini. Karena menyimpang yang telah membudaya hanya perilaku-perilaku yang menyimpang dapat diberantas secara tuntas dengan mengubah pola pikir dan kepribadian para pelaku. 

Terkadang, memang sulit untuk menentukan parameter yang sesuai untuk itu. Terlebih dengan kemajemukan bangsa Indonesia, dan di sinilah kita semestinya kembali kepada nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung dalam Pancasila. Di mana sebuah dasar negaraseyogyanya tidak hanya dipelajari dan dimengerti saja, akan tetapi yang lebih dari itu adalah pelaksanaannya secara nyata di dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terlebih pada pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan harus berlandaskan pada nilai-nilai dasar Pancasila, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. (NSR/ bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando