Home » » Kodim 0731 Kulon Progo Peringati Hari Sumpah Pemuda

Kodim 0731 Kulon Progo Peringati Hari Sumpah Pemuda

Written By portal komando on 29 Okt 2017 | 10:29 AM


PK,.Yogya Barat. Kodim 0731/Kulon Progo dan Kanminvetcad Kulon Progo melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017, pada Sabtu (28/10/17), mulai pukul 07.00 WIB, bertempat di Halaman Makodim 0731/Kulon Progo. Upacara ini diikuti oleh seluruh anggota baik Militer atau ASN yang tidak sedang dinas khusus. 

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman. S. Sos. M.M. (Dandim 0731/Kulon Progo), Komandan Upacara Kapten Inf Nurhadi Wijaya (Danramil 06/Nanggulan), Perwira Upacara Kapten Inf MB. Berhen Sukoco (Pasiops), Pengibar Bendera,dan Pembaca UUD 1945 (Ramil 06/Nanggulan), Pembacaan Teks Kongres Pemuda Kapten Czi Sugiarta (Danramil 01/Wates), Pembaca Doa, Serma Tri Waluyanto (Stafops). 

Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara antara lain disampaikan bahwa 89 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Kramat Raya, daerah Kwitang, Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sumpah Pemuda dibacakan di arena Konggres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah. Kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda.

Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka sehingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Dalam sebuah kesempatan Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda, Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir.” Kini saatnya kita Berani Bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando