Home » » Kondisi Memprihatinkan Rumah Ikhsan Pardi Di Bongkar Satgas TMMD

Kondisi Memprihatinkan Rumah Ikhsan Pardi Di Bongkar Satgas TMMD

Written By portal komando on 14 Okt 2017 | 6:59 PM

Cilacap - Sasaran fisik TMMD Sengkuyung tahap III Kodim 0703/Cilacap rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sudah mencapai 5,5 persen, satu  persatu dari 10 unit rumah tidak layak huni mulai tampak hasilnya. Kini rumah milik Muhammad Ikhsan Pardi (76) warga RT. 03 RW. 07, Dusun Sekar Mayang, Desa Bulupayung yang sangat memprihatinkan mulai dibongkar untuk diperbaiki. 

Rumah yang tampak rapuh tersebut, mulai dibongkar Satgas TMMD bersama sejumlah warga setempat, Sabtu (14/10). Terlihat jelas kondisi rumah Ikhsan Pardi sangat memprihatinkan dan jauh dari layak untuk dihuni.
Berangkat dari rasa keprihatinan itulah, personel  Satgas TMMD mulai bergerak membongar dan mernovasi rumah tak layak huni milik Ikhsan Pardi.

Bagaimana tidak, lokasi rumah yang bersebelahan dengan sawah kondisi tanahnya becek, apalagi kalau hujan turun, air masuk ke dalam rumahnya. Hal ini membuat kayu penopang rumahnya menjadi rapuh. Sehingga untuk merehab rumah tersebut satgas TMMD harus meninggikan pondasi rumah agar air tidak lagi masuk. 

"Direncanakan kita akan membuat pondasi rumah yang lebih tinggi dengan terlebih dahulu mengganjal beberapa tiang penyangga rumah dengan menggunakan cor dan pemasangan batu bata, selanjutnya lantai rumah akan kita urug yang tinggi dengan proses akhir dan lantainya plester." ungkap Serda Wiko

Waktu yang sama, Kepala Desa Bulupayung (Sudir) bersama Kepala Dusun Sekar Mayang datang ke lokasi untuk  mengecek langsung kondisi rumah Ikhsan Pardi. Menurutnya, "memang kondisi rumah Ikhsan Pardi ini sangat memprihatinkan karena selain posisinya di dataran rendah. 

Kondisi bagian rumah tersebut juga sudah banyak yang lapuk sehingga diperlukan banyak material yang dibutuhkan. "Semoga material yang ada bisa mencukupi kebutuhan rehab rumahnya, namun kami dari desa siap dan mendukung  kekurangan tersebut." Kekurangannya Desa yang menanggung," tandas Sudir Kepala Desa Bulupayung.

Kondisi rumah seperti milik Ikhsan Pardi hampir tersebar di wilayah Desa Bulupayung dan rata-rata menjadi sasaran fisik TMMD Sengkuyung tahap III Kodim 0703/Cilacap, yakni rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Walaupun jumlah yang ada dilapangan melebihi target sasaran rehab RTLH.

"Harapannya, ini sangat  membantu sebagian kecil warga Desa Bulupayung. Semoga apa yang dilakukan TNI Manunggal Membangun Desa  (TMMD) Sengkuyung tahap III Kodim 0703/Cilacap akan mengetuk sebagian warga lainnya yang mampu untuk lebih peduli dengan sesama warga yang kurang mampu. (Pendim0703/Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando