Home » » Koramil 0824/19 Umbulsari Berikan Materi Wasbang Kepada Siswa SMA Negeri 1 Umbulsari

Koramil 0824/19 Umbulsari Berikan Materi Wasbang Kepada Siswa SMA Negeri 1 Umbulsari

Written By portal komando on 4 Okt 2017 | 6:05 PM


Jember. Bertempat di halaman Sekolah SMA Negeri 1 Umbulsari pada Rabu 04/10/2017 dilaksanakan pemantapan wawasan kebangsaan (wasbang) oleh anggota Koramil 0824/19 Umbulsari diantaranya Serma Adi, Serdan Bambang dan Babinsa Umbulsari Serda Kusyono.

Dalam pemantapan wasbang tersebut diberikan materi lapangan dan materi ruangan kepada 150 orang siswa-siswi SMA Negeri 1 Umbulsari, terkait kegiatan tersebut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Umbulsari menyatakan bahwa pelaksanaan wasbang ini sengaja diajukan oleh sekolah kepada Koramil 0824/19 Umbulsari.

Tujuannya agar adik-adik lebih disiplin dan tertib dalam mengikuti pembelajaran di sekolah, karena setiap tahun kita lakukan seperti ini pertimbangannya yaitu anak didik lebih disiplin dan tertib sehingga lebih memudahkan proses pembelajaran sekolah. Tegas kepala Sekolah.

Pada meteri lapangan siswa-siswi diberikan tata cara sikap sempurna pada saat upacara serta tata cara penghormatan serta materi Pembinaan Baris Berbaris lainnya, selanjutnya setelah diberikan materi lapangan adik-adik dimasukkan kedalam ruangan kelas untuk menerima materi wawasan kebangsaan.

Selanjutnya para siswa-siswi diajak untuk bermain game bersama yang mengedapnkan azas kebersamaan, jadi dibentuk tim-tim untuk melakukan game menyenangkan diantaranya : hulahop, barongsai, tongkat estafet , permadani terbang dan buldozer, yang masing-masing harus dikerjakan secara bersama-sama sehingga adik-adik memahami akan pentingnya persatuan dan kesatuan.

Dalam materi wawasan kebangsaan yang diberikan disampaikan kondisi Bangsa Indonesia saat ini dan dimasa mendatang terkait kendala-kendala yang berpotensi mengancam kedaulatan NKRI, adik-adik sebagai pelajar diharapkan lebih rajin dan memiliki semangat dalam menyerap ilmu pengetahuan yang diajarkan sehingga dapat dijadikan bekal kelak sebagai generasi Bangsa Indonesia.

Menyikapi kegiatan anggotanya Danramil 0824/19 Umbulsari Kapten Arm Suhartono saat dikonfirmasi menegaskan bahwa pemantapan wasbang tersebut memang atas permohonan kepala sekolah kepada Koramil, untuk itu saya sangat mendukung sekali dan kita perbantukan 3 orang personel untuk menangani hal tersebut.

Komandan Kodim 0824 Jember letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi diruang kerjanya menyampaikan bahwa pembinaan pelajar dan generasi muda merupakan fokus utama pembinaan kita dalam menyelamatkan masa depan bangsa.

Hal ini selalu saya sampaikan karena memang generasi muda merupakan bagian strategis yang dimanfaatkan oleh musuh untuk melemahkan pertahanan negara, katakanlah saat ini kalau generasi kita yang ada dapat di rusak mental dan perilakunya terus bagaimana nasib masa depan bangsa ini, karena ditangan merekalah nantinya masa depan NKRI. Tegas Letkol Inf Rudianto.

Untuk itu pemantapan pembinaan generasi muda harus selalu kita fokuskan, dan ini bukan tanggung jawab TNI saja tetapi tanggung jawab semua pihak, untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Umbulsari yang telah menyadari kondisi ini dengan mengajukan permohonan pemantapan wasbang kepada Koramil stempat. (sis/24)



Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando